Alhamdulillah, Embarkasi Haji Indramayu Dibangun 2020


Indramayu - Pembangunan Embarkasi Haji Indramayu dipastikan akan mulai dilaksanakan pada awal 2020 mendatang. Kepastian tersebut disampaikan Kepala Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat melalui Kepala Bidang Urusan Haji, Azam Mustazam yang disampaikan kepada Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah di Pendopo Kabupaten Indramayu, Rabu (09/08/2018).

Azam Mustazam menjelaskan, untuk tahun 2018 ini pihaknya tengah menyiapkan dokumen perencanaan pembangunan serta berbagai dokumen pendukung lainnya agar pembangunan bisa berjalan lancar. Hal ini dikarenakan ada persepsi dan komitmen yang harus diselaraskan antara Pemerintah Kabupaten Indramayu dengan Kementerian Agama RI.

Menurutnya, penetapan Kabupaten Indramayu sebagai daerah yang akan dibangun Embarkasi Haji merupakan keputusan final dan saat ini tengah menunggu tanda tangan dari Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kementerian Agama RI, Prof. DR. Nizar, MA yang tengah menunaikan ibadah haji.

Salah satu hal yang harus segera disiapkan adalah proses pelepasan tanah atau hibah dari Pemkab Indramayu kepada Kementerian Agama sebelum proses pembangunan maka proses hibah tanah harus bisa diselesaikan. Tanah yang sudah tersedia sangat luas sekitar 7 hektar sementara Embarkasi Haji Bekasi yang selama ini sudah berjalan luasnya hanya 3 hektar.

“Pada tahun 2020 mendatang, pembangunan awal akan dilaksanakan dengan membangun asrama, masjid, dapur, dan poliklinik. Tahun berikutnya akan dilakukan pengembangan. Indramayu paling siap dibandingkan dengan kabupaten/kota lainnya karena siap menghibahkan tanahnya sekitar 7 hektar untuk embarkasi haji ini,” tegas Azam.

Sementara itu Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah mengatakan, masyarakat Indramayu sangat antusias dalam menyambut rencana pembangunan Embarkasi Haji yang berlokasi di Kecamatan Lohbener tersebut. Pasalnya, ini akan berdampak positif bagi perkembangan ekonomi di daerah sekitarnya.

Dalam waktu dekat ini, pihaknya akan melayangkan surat ke DPRD Indramayu terkait pelepasan asset daerah kepada Kementerian Agama RI untuk pembangunan Embarkasi Haji.


Penulis : Deny
Powered by Blogger.