Header Ads

Daniel Golkar Indramayu Cirebon

Tour Sepeda ASSA, Start Indramayu Sudah Tiba di Banyuwangi


Indramayu - Ratusan pesepeda yang tergabung dalam Tour Asosiasi Sepeda Sehat Sport Al- Zaytun (ASSA) tiba di Banyuwangi. Mereka bersepeda menyusuri Pulau Jawa selama 26 hari sejak 29 November 2017.

Rombongan ASSA yang berjumlah 550 pegowes ini tiba di Banyuwangi dan disambut langsung Bupati Abdullah Azwar Anas di Pendopo Shaba Swagata Blambangan.

Pemimpin rombongan ASSA yang juga pendiri Pondok Pesantren Al–Zaytun Indramayu Dr Syekh Abdus Salam Panji Gumilang menyatakan antusiasnya saat tiba di Banyuwangi setelah melalui menempuh perjalanan panjang dari Indramayu.

"Perjalanan seperti ini sangat penat dan melelahkan. Tapi setelah melihat Banyuwangi, capeknya hilang. Saya senang sekali bisa menyaksikan Banyuwangi dari dekat, karena dalam lima tahun terakhir ini Banyuwangi selalu terdengar terus hingga ke wilayah Barat," kata Panji Gumilang.

ASSA adalah kelompok pesepeda yang berasal dari kalangan dosen, guru, mahasiswa dan pelajar dari Yayasan Al-Zaitun Indramayu. Setiap tahun, mereka rutin menggelar tur sepeda mengelilingi Pulau Jawa.

Panji Gumilang menambahkan Meski belum sempat melihat secara keseluruhan kemajuan Banyuwangi, dia sudah menilai banyak hal posistif yang bisa mengispirasinya. Salah satunya arsitek pendopo yang tetap mempertahankan konsep kearifan lokal, bisa dijadikan contoh untuk pengembangan Al- Zaytun.

"Nanti kita akan kembali ke sini dengan rombongan tapi tidak bersepeda tentunya. Kita akan mengadopsi sejumlah program sesuai kepentingan kami," kata dia. 

Tour ASSA ini ini dimulai  29 november 2017 yang diawali dari Indramayu. Menyusuri sisi Selatan Pulau Jawa, mereka gowes menuju Banyuwangi sepanjang 2.600 kilometer. Setelah dari Banywuangi, mereka akan melanjutkan perjalanan kembali menuju ujung Barat Pulau Jawa, Banten dengan melewati sisi Utara Pulau Jawa.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, menyatakan salut atas program ASSA ini. "Saya kira kegiatan sangat bagus rekreasi sambil berolah raga.  Dan saya bangga bisa bertemu langsung dengan Syekh Panji yang sangat menginspirasi kami. Hebat, bersepeda dari Indramayu ke Banyuwangi," kata Bupati Anas.

Anas pun mengaku mengapresiasi kegiatan tur sepeda ini. "Menyusuri daerah dengan bersepeda senang-senang juga menyehatkan badan. Perlu kita contoh aktivitas bersepeda rutin ini dengan jarak jauh," imbuh Anas. 


Penulis : Rin/Suf
Sumber : Beritajatim


Download Tarling Cirebonan
Powered by Blogger.