Header Ads

postimage

Samsul Ma'arip Bangun Pabean Udik Dengan Panca Desa


Indramayu - Setiap orang punya mimpi. Mimpi itulah yang harus dikejar untuk dapat diwujudkan dalam kehidupan nyata. Pun demikian dengan sosok   calon kuwu yang satu ini,  meskipun berpostur kecil namun dalam dirinya tersimpan sebuah mimpi yang sangat besar untuk mewujudkan Desa Pabean Udik yang bisa bersaing dengan desa lainnya.

Dengan program Panca Desa,  Samsul Ma'arif bertekad agar Desa Pabean Udik bisa keluar dari masalah-masalah yang dihadapi saat ini terutama kurang tergalinya potensi desa yang dimiliki saat ini. 

Program Panca Desa yang digagas oleh dirinya tersebut banyak mendapatkan dukungan dan respon dari masyarakat agar bisa diwujudkan karena sesuai dengan kebutuhan Desa Pabean Udik saat ini. 

Dalam Panca Desa,  akan dikembangkan program kerja berupa sinergitas birokrasi yang bersih,  pengembangan potensi ekonomi desa,  peningkatan kehidupan sosial masyarakat, pengembangan budaya lokal,  dan pengembangan pariwsata.

"Panca Desa itu akan bermuara dan bertujuan pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Desa Pabean Udik melalui pemanfaatan potensi desa, " tegas Samsul.

Seperti yang terlihat pada kampanye terbuka pada Kamis (7/12), ribuan warga ikut serta untuk memberikan dukungan,  suport,  dan doa agar Samsul Ma'arif segera merealisasikan mimpinya untuk bisa menjadi kuwu dan menjadikan Desa Pabean Udik sebagai desa unggulan di Kabupaten Indramayu.

Menurut salah seorang warga,  Joko mengatakan,  Samsul adalah sosok yang sangat sopan, santun, ramah,  dan supel dalam kehidupan sehari-harinya. Namun dia memiliki ketegasan dalam bersikap sehingga dalam hal meraih sesuatu ada target dan ukuran untuk mencapainya.

"Samsul sangat arif dalam menjalankan kehidupannya,  namun orangnya tegas jika ingin meraih sesuatu. Model seperti ini yang cocok untuk menjadi kuwu Pabean Udik, " kata Joko. 

Sementara menurut Yudi,  sosok Samsul saat ini sangat dibutuhkan karena memiliki koneksi yang cukup luas dalam membangun jejaring baik dengan birokrasi,  swasta maupun masyarakat. 

"Membangun pemerintahan desa tidak bisa dilakukan sendiri. Maka kuwu harus memiliki kemampuan untuk membangun jejaring sosial baik dengan birokrasi, swasta, dan masyarakat. Saya melihat Samsul cukup mumpuni untuk melakukan hal tersebut," tegas Yudi yang diamini oleh pendukung lainnya. 

Lain halnya dalam pandangan Sutarmi, seorang ibu rumah tangga ini menegaskan, bahwa sosok Samsul merupakan calon kuwu yang sangat bisa mengembangkan potensi Desa Pabean Udik karena sebelumnya Samsul merupakan pelaku bisnis perikanan. 

"Kita mah yakin Samsul kuh bisa gedeaken Pabean Udik sebagai desa perikanan lan olahan ikan. Lamon perikanane maju ya masyarakate kan maju ditambah pengen ngembangaken pariwisata pokoke mah lamon Samsul sing dadi kuwu Desa Pabean Udik bakalan maju bli kalah karo desa sejene padahal kan parek karo kota, apa maning Samsul paham perikanan, " kata Sutarmi. 

Mengalirnya ribuan dukungan dari masyarakat Desa Pabean Udik kepada dirinya, Samsul hanya bisa mengucapkan puji syukur kepada Allah SWT hal ini membuktikan bahwa masyarakat Desa Pabean Udik menghendaki adanya kemajuan bagi desanya dan segera mengejar ketertinggalan dengan desa lainnya.

"Alhamdulillah, masyarakat Desa Pabean Udik sudah paham bahwa mereka ingin kemajuan bagi desanya yang selama ini belum tergali secara maksimal. Insya Allah ini akan kita kembangkan lagi karena banyak sekali produk unggulan yang bisa dijadikan sebagai pendapatan desa, " tegas Samsul. 

Samsul menambahkan,  untuk mewujudkan Panca Desa tersebut dibutuhkan kerja bersama dan sinergitas dengan semua pihak baik dengan birokrasi, swasta,  dan juga masyarakat itu sendiri. 


Penulis : AAD


Download Tarling Cirebonan
Powered by Blogger.