FKUB Kabupaten Indramayu Gelar Dialog Kebangsaan


Indramayu - Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Indramayu menggelar Dialog Kebangsaan dengan tema Meneguhkan Semangat NKRI Melalui Kerukunan Umat Beragama di Kabupaten Indramayu, Kamis (14/12).

Kegiatan ini berlangsung di Aula Puspihat Kabupaten Indramayu diikuti oleh pengurus FKUB, utusan perwakilan umat beragama (Islam, Kristen Protestan, Katolik, Hindu, Budha dan Konghucu), MUI, ormas Islam, kepala KUA dan penyuluh agama tingkat kecamatan.

Acara pembukaan diawali sambutan Ketua FKUB Kabupaten Indramayu, H Warmin Permana  MA. Warmin menjelaskan,  tujuan dari dialog ini adalah untuk memberika pencerahan kepada para pimpinan umat beragama, agar menyampaikan kepada para umatnya tentang pentingnya mengukuhan NKRI.

“Untuk mewujudkan hal itu perlu terjalin kekokohan hubungan antar umat beragama sehingga terbangun harmonisasi yang dinamis. Oleh karenanya, perlu dikedepankan nilai-nilai ukhuwah basyariah, ukhuwah insaniah dan ukhuwah wathaniah,” ujar Warmin.

Sementara, Kepala Kemenag Indramayu, Drs H Masykur menyampaikan pentingnya toleransi antarumat beragama dalam membangun kebersamaan untuk mewujudkan utuhnya NKRI. “Kepada pimpinan umat beragama, diharapkan dapat dipahami dan ditegakkan peraturan perundang-undangan yang ada tentang kehidupan umat beragama,” tandasnya.

Wakil Bupati Indramayu Drs H Supendi MSi menyampaikan terima kasih atas penyelenggaraan dialog kebangsaan yang diprakarsai oleh FKUB dan difasilitasi oleh Kantor kementerian Agama Indramayu. “Diharapkan, kepada para pimpinan umat beragama agar visi Kabupaten Indramayu yang religius betul-betul dapat diwujudkan melalui peningkatan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Melalui dialog kebangsaan ini juga diharapkan akan terwujud kekuatan untuk menegakkan NKRI,” tuturnya.


Penulis : Oet
Sumber : Radar

Download Tarling Cirebonan
Powered by Blogger.