Header Ads

postimage

Pemkab Dukung Penambahan Pintu Tol Cipali di Wilayah Gantar


Indramayu - Pemkab Indramayu secara khusus meminta Kementerian Perhubungan melalui Badan Pengelola Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) untuk menambah jalur masuk dan keluar pintu tol baru di wilayah Kecamatan Gantar. Diyakini, pembukaan pintu Tol di daerah itu akan mendongkrak pertumbuhan ekonomi serta sektor lain khususnya diwilayah Kabupaten Indramayu bagian barat (Inbar).

Terlebih sebagaimana rencana tata ruang dan tata wilayah Kabupaten Indramayu, lahan di wilayah Kecamatan Gantar bisa diperuntukan untuk pembangunan sektor selain pertanian seperti kegiatan industri dan pendidikan. Sejumlah pihakpun mendukung usulan tersebut.

Santoso tokoh masyarakat Inbar mengatakan, pembukaan akses pintu tol itu penting karena dapat membuka ruang perekonomian bagi masyarakat yang tinggal di wilayah barat Indramayu seperti Kecamatan Gantar, Haurgeulis dan sekitarnya.

Seperti halnya keberadaan pintu Tol Cikedung maupun daerah lainnya yang dampak positifnya dirasakan oleh masyarakat setempat. “Jika ada akses pintu tol, perekonomian sekitar daerah itu diharapkan berkembang pesat,” ujar dia.

Keuntungan lain yang dapat diperoleh dari pembukaan pintu tol baru di wilayah Inbar ialah pembangunan kawasan industri besar. Sehingga bukan saja ekonomi masyarakat, lapangan pekerjaan dan mobilitas pun akan semakin mudah diakses para pelaku industri besar.

Tokoh masyarakat lainnya, Wawan Asep menambahkan, adanya pintu tol Gantar akan membawa keuntungan yang signifikan terhadap pembangunan daerah. Ditambah, akses transportasi masyarakat menuju Cirebon-Jakarta-Bandung menjadi semakin mudah dijangkau. “Investor pun akan semakin tertarik untuk menanamkan modalnya, karena akses transportasinya mendukung,” jelasnya.

Apalagi akses jalan menuju pintu tol relatif cukup baik seiring gencarnya Pemkab Indramayu melakukan perbaikan jalan kabupaten dengan sistem cor beton. Tinggal sarana penunjang seperti penerangan jalan umum, rambu-rambu lalu lintas dan sebagainya harus terus disiapkan.


Penulis : Kho/Radar


Download Tarling Cirebonan
Powered by Blogger.