853 Praja IPDN Ikuti Praktek Lapangan di Kabupaten Indramayu


INDRAMAYU - Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) melakukan praktek lapangan di Kabupaten Indramayu selama 21 hari. Penerimaan praktek lapangan III angkatan XXV tahun akademik 2016/2017 dipusatkan di Alun-Alun Indramayu.

Gubernur IPDN  Ermaya Suradinata menjelaskan, dipilihnya Kabupaten Indramayu sebagai tempat praktek lapangan bagi 853 orang praja karena selama ini sudah ada komitmen antara IPDN dengan Pemkab Indramayu untuk melakukan transfer knowledge baik dalam pemerintahan maupun sosial kemasyarakatan sebagai upaya untuk penyelenggaraan tata kelola pemerintahan yang baik.

Selain itu, dipilihnya Kabupaten Indramayu karena selama ini progress report penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Indramayu terus mengalami tren positif. Selain itu banyak prestasi dan juga ide gagasan yang diawali dari Kabupaten Indramayu dan menjadi rujukan daerah lainnya di Indonesia.

Dalam praktek lapangan ini, para praja akan mengikuti kegiatan program pemerintahan, pembangunan dan program kemasyarakatan. Sedangkan program khusus disesuaikan dengan program studi dan kesepakatan dengan Pemkab Indramayu yaitu khusus untuk pendampingan system informasi keuangan desa (siskeudes), pendampingan optimalisasi BUMDES, pembuatan dan perlombaan website profil desa, pembuatan video selayang pandang desa, dan gala desa serta seminar pemerintahan tentang tanah kas desa.

Sementara itu Wakil Bupati Indramayu Supendi mengatakan pimpinan daerah selalu berusaha untuk membangun daerah menjadi lebih baik. Proses pembangunan ini tentunya tidak terlepas dari sumber daya manusia yang melaksanakannya. Sebagus apapun program, sebesar apapun dana yang tersedia manakala tidak didukung oleh sumber daya manusia yang memiliki kapabilitas yang memadai kemungkinan keberhasilannya tidak akan maksimal.

“Praja IPDN dapat membantu meningkatkan kualitas sumber daya manusia aparat pemerintah Kabupaten Indramayu, khususnya kepala desa dan perangkat desa melalui transfer knowledge serta menularkan semangat dan optimisme tinggi melalui jiwa-jiwa muda untuk berkarya dalam pembangunan di Kabupaten Indramayu,” tegas Supendi.

Selanjutnya, praja IPDN ini akan disebar di dinas/instansi di lingkungan Pemkab Indramayu seperti Disarpus, BKPSDM, Bappeda, BKD, Kantor Kesbangpol, Bagian Tata Pemerintahan, Bagian Umum, Bagian Otonomi Daerah, Bagian Organisasi, dan Bagian Kesejahteraan Rakyat. Serta disebar pula di 6 kecamatan yakni Kecamatan Jatibarang, Sliyeg, Terisi, Juntinyuat, Patrol, dan Losarang.


Penulis : Tomi Indra
Powered by Blogger.