Header Ads

postimage

Tari Topeng Maestro Mimi Rasinah, Warisan Tak Ternilai dari Indramayu


Indramayu - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa  Barat, menggelar pagelaran seni tari Topeng Karya Maestro Mimi Rasinah, di taman kuliner sungai Cimanuk, Indramayu Sabtu (3/12/2016).

Pagelaran yang di laksanakan di panggung bantaran sungai Cimanuk itu, merupakan salah satu  upaya pelestarian dan pengembangan seni budaya asli Jawa Barat. 

"Ini merupakan salah satu kepedulian propinsi Jawa Barat, untuk pengembangan seni budaya lokal. Indramayu mempunyai seni dan budaya yang luar biasa," ungkap Sekretaris Disparbud Jawa Barat Agus Hanafiah saat membuka pagelaran seni tari Topeng karya Maestro Mimi Rasinah, di Indramayu, Sabtu (3/12/2016).

Agus juga menambahkan, pemerintah Jawa Barat bertugas mengantarkan Jawa Barat menjadi destinasi pariwisata dunia. Pagelaran ini menurut Agus, sebagai penghormatan serta evaluasi seni. Sedangkan kawasan taman kuliner Cimanuk, kini sudah menjadi salah satu deatinasi pariwisata Jawa Barat.

"Pemerintah propinsi siap menyalurkan bantuan dana, untuk pengembangan destinasi wisata di daerah. Tapi, daerah harus siap semuanya, dan destinasi wisata juga harus punya sertifikat, sebagai salah satu persyaratan pembangunan daya tarik wisata," jelas Agus.

Sementara dalam pegelaran tari topeng Mimi Marsimah, para penari tampak elegan menarikan tarian warisan "Pantura" ratusan tahun lalu ini. Tarian topeng Mimi Rasinah juga telah mendunia, dan mendapat penghargaan diantaranya dari pemerintah Jepang dan Belgia, pemprov Jabar serta penghargaan dari Presiden R.I. 


Penulis : AZ/AA/RRI
Powered by Blogger.