Header Ads

postimage

Indramayu Bentuk Tim Saber Pungli, Awasi Tempat Rawan Pungli


Indramayu - Wakil Bupati Indramayu Drs H Supendi MSi mengumpulkan seluruh kepala OPD bersama unsur muspida di ruang kerjanya, Senin (24/10). Hal ini dilakukan sebagai langkah awal pembentukan Tim Saber Pungli.

Pada kesempatan itu wakil bupati meminta kepada seluruh OPD khususnya dinas yang terkait dengan pelayanan masyarakat, agar memberikan pelayanan sesuai aturan, mudah, dan cepat.

Hadir pada kesempatan itu Kepala Inspektorat Kabupaten Indramayu Drs H Nuradi MSi. Nuradi mengatakan pemkab melalui wakil bupati telah membentuk tim untuk mengantisipasi pungli di lingkungan Pemkab Indramayu. Namun tim yang dibentuk masih berupa satgas. Menurutnya, satgas ini diharapkan bisa melaksanakan tugasnya dalam mengatisipasi terjadinya pungli di lingkungan Pemkab Indramayu.

“Sebenarnya tanpa satgas pun pungli sudah tidak ada. Tapi kita tetap membentuk satgas sebagai langkah antisipasi,” ujar Nuradi usai mengikuti rapat tersebut. Nuradi menambahkan, sesuai dengan surat edaran MenPAN Nomor.5 Tahun 2016, pemerintah daerah harus secepatnya melakukan langkah-langkah untuk mengantisipasi tindak pungli.

Di antaranya harus mengevaluasi titik-titik yang rawan pungli, serta mengubah sistem yang berpotensi untuk terjadinya pungli. Dikatakan, untuk di daerah termasuk di Indramayu, tim yang dibentuk memang masih berupa Satgas dan bukan Saber. Pasalnya untuk saber sementara baru di tingkat pusat. “Kalau saber kan baru di tingkat pusat, dan kita belum tahu juklak juknisnya, serta kewenangannya,” tandas Nuradi.

Sementara Sekda Indramayu H Ahmad Bahtiar SH mengatakan, soal pemberantasan pungli sebenarnya sudah lama dilakukan di lingkungan Pemkab Indramayu. Dikatakan, dulu sudah ada yang namanya Gerakan Disiplin Nasional (GDN), di mana didalamnya juga sudah ada tentang pemberantasan pungli.


Penulis : Oet
Powered by Blogger.