Header Ads

postimage

Setiap Jum'at, PMI Cirebon Gelar Kegiatan Donor Darah di At-Taqwa


Cirebon - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Cirebon gelar kegiatan donor darah keliling di halaman Masjid At-Taqwa Kota Cirebon, Jumat (5/8). Donor darah keliling itu dilakukan di dalam mobil bus milik PMI Kota Cirebon.

Menurut Koordinat P2DS, Hj Anut Hasanah, Kegiatan donor darah keliling tersebut rutin dilakuakan PMI Kota Cirebon. Dalam sebulan PMI melakukan tiga kali kegiatan donor darah di lingkungan Masjid Raya At-Taqwa Kota Cirebon.

“Kalau kegiatan di sini kami selalu ambil harinya setiap Jumat,” tutur Anut.

Dia mengatakan, untuk stok persediaan darah sendiri, PMI Kota Cirebon masih dalam katagori belum aman. Karena jumlah pengguna lebih banyak daripada pendonor.

“Pengguna darah bukan hanya dari masyarakat Kota saja, tapi masyarakat Kabupaten juga banyak yang meminta ke kami,” jelas Anut.

Selain itu, pihaknya juga melakukan sistem barter darah kepada pasien. Di mana keluarga pasien harus mendonorkan darahnya, jenis apa saja sebagai penganti darah yang telah digunakan.

“Cara barter darah adalah salah satu solusi yang sedikit membantu pihak kami dalam menjaga kesetabilan stok darah,” tutur Anut.

Dalam sehari kegiatan donor darah keliling mendapatakan 20 kontong darah. “Ya minimal setiap kegiatannya kami harus dapat 20 kantong. Syukur-syukur bisa lebih,” pungkas Anut. 


Penulis : Fazri
Powered by Blogger.