Header Ads

postimage

Api PON XIX/2016 akan Diambil dari Balongan Indramayu


Indramayu - Pelaksanaan Pekan Olah Raga Nasional (PON) XIX/2016 Jabar semakin dekat. Api PON pun rencananya akan diambil dari sumber api alam di Desa Majakerta, Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu.

"Dari Indramayu, api itu selanjutnya akan dibawa keliling ke berbagai kabupaten/kota di Jabar," ujar Sekretaris Umum KONI Kabupaten Indramayu, Yahya Ruchiyat, saat ditemui di ruang kerjanya, akhir pekan kemarin.

Pengambilan api PON rencananya akan dilakukan oleh Ketua PB PON XIX/2016 yang juga Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan. Kabupaten Indramayu pun siap menjadi tuan rumah pengambilan api tersebut.

Yahya menambahkan,Kabupaten Indramayu pun akan menjadi tuan rumah bagi pelaksanaan  tiga cabang olah raga dalam pelaksanaan PON. Yakni layar, renang alam dan selam alam.

Untuk pelaksanaan pertandingan tiga cabang olah raga tersebut, Kabupaten Indramayu telah menyiapkan dua venue. Yaitu pantai Balongan Indah, di Kecamatan Balongan, untuk pelaksanaan pertandingan layar dan pantai Tirtamaya di Kecamatan Balongan, yang menjadi lokasi pertandingan renang alam dan selam alam.

Khusus untuk venue layar, akan dijadikan permanen karena akan menjadi venue layar resmi di Jabar. Pasalnya, Jabar belum memiliki venue layar. Selama ini, persiapan venue sudah dilakukan secara matang. Termasuk berbagai fasilitas penunjang maupun jalan ke lokasi pertandingan.

"Persiapan sudah 90 persen," terang Yahya.

Untuk persiapan yang belum selesai, hanya tinggal penyelesaian dermaga penghalang ombak di pantai Tirtamaya. Namun, hal itu akan segera rampung sebelum PON dimulai pada 17 September mendatang. Yahya menyebutkan, dalam PON nanti, Kabupaten Indramayu akan mengirimkan 14 atletnya. Mereka akan mengikuti delapan cabang olah raga, yakni gulat, tinju, kempo, dayung, takraw, bola voli pasir, taekwondo dan tarung drajat. (Lilis)


Sumber : ROL
Powered by Blogger.