Header Ads

postimage

Koramil Bangodua Kawal Petani Swasembada Pangan


Indramayu - Siapa bilang tentara tidak bisa menggeluti bidang pertanian. Buktinya, jajaran Koramil Bangodua, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, berkomitmen mengawal program-program pertanian yang dijalankan para petani guna mendukung tercapainya swasembada pangan nasional.

Petugas Penyuluh Lapangan Desa Wanasari Ahmad Zaenal mengemukakan, salah satu bentuk kiprah tentara dalam membantu petani melakukan aktifitas di sawah dengan member contoh cara-cara mewnggunakan mesin tanam padi.

“Ini sifatnya masih uji coba. Petani diberikan pengetahuan tentang bagaimana caranya bercocok tanam padi di sawah dengan tidak mengandalkan tenaga manusia, sebagaimana biasanya. Melainkan dengan memanfaatkan tenaga mesin yang sangat praktis dan pengoperasiannya sangat mudah dan efisien,” katanya.

Uji coba mesin tanam padi itu dilakukan jajaran Koramil Bangodua bersama para petani di Desa Wanasari, Kecamatan Bangodua, Kabupaten Indramayu. Beberapa petani rupanya tertarik dengan teknologi pertanian itu karena sangat membantu para petani terutama ketika menghadapi krisis tenaga kerja alias buruh tani yang selalu menghantui saat musim tanam rendeng dan musim tanam gadu tiba.

COCOK TANAM

Walaupun ujicoba bercocok tanam padi dengan mesin itu masih terbatas pada lahan sawah seluas 2 hektar di sawah milik Kelompok Tani Desa Wanasari, namun para petani nampaknya cukup gembira dan puas. Bahkan para petani sempat melakukan uji coba mengoperasikan mesin penanam benih padi itu bersama anggota TNI dari jajaran Koramil Bangodua.

Dikatakan, kegiatan bercocok tanam yang dilaksanakan Poktan Desa Wanasari itu dinilai semakin bertambah kompak, setelah kegiatan mereka dikawal jajaran Koramil Bangodua. “Harapan ke depan, produktivitas padi yang di hamparan Poktan Desa Wanasari itu mengalami peningkatan yang signifikan,” ujar Ahmad Zaenal.

Salah seorang anggota Koramil Bangodua Kopral Kepala Caridin mengatakan, jajaran Koramil Bangodua siap mengawal program-program pertanian yang dilakukan para petani. “Mudah-mudahan program yang dikawal TNI itu tepat sasaran, tepat waktu dan hasilnya menggembirakan,” katanya seraya menambahkan pemerintah banyak membantu program pertanian. Baik bantuan di bidang pembangunan infrastruktur, benih, alsintan dan bantuan lainnya. (taryani/sir)


Sumber : Poskota
Powered by Blogger.