Header Ads

postimage

Pelambang Dan Sentul Bersaing Gelar Moto GP 2018


Jakarta - Palembang menyatakan siap menggelar balapan MotoGP 2018 bersaing dengan Sentul. Hal itu diungkapkan Kepala Komunikasi Publik Kemenpora, Gatot S Dewa Broto.

Wacana menggelar MotoGP di Sirkuit Sentul masih terkendala dana untuk melakukan renovasi. Pemerintah tak bisa mengucurkan dana APBN karena Sirkuit Sentul milik swasta. Meski demikian, Gatot menyebut MotGP 2017 dipastikan digelar di Sirkuit Sentul.

"Sejauh ini untuk penyelenggaraan tahun 2017 yang mungkin terbuka adalah di sirkuit Sentul. Hanya saja, konsekuensinya, APBN tidak boleh digunakan untuk renovasi sirkuit Sentul. Seandainya pun ada APBN mungkin sebatas untuk commitment fee dan itu pun harus ada Keputusan Presiden," ujar Gatot.

Palembang siap bersaing menjadi tuan rumah MotoGP untuk tahun 2018-2020. Ibu Kota Sumatera Selatan itu berencan membangun sirkuit di Jakabaring. Seperti halnya Sentul, Palembang juga tak boleh menggunakan dana APBN.

"Khusus untuk penyelenggaraan MotoGP tahun 2018, 2019 dan 2020, Pemda Sumatera Selatan akan menawarkan diri untuk menjadi tuan rumah di Jakabaring dan untuk itu dalam minggu ini akan diserahkan surat kesanggupannya dari Gubernur Sumatera Selatan kepada Presiden RI dan Menpora," lanjut Gatot.

"Dengan catatan tetap juga tidak diperbolehkan menggunakan APBN untuk pembangunan sirkuitnya dan seandainya pun ada APBN mungkin sebatas untuk commitment fee dan itu pun harus ada Keputusan Presiden. Keputusan jadi atau tidaknya penggunaan sirkuit Sentul dan pembangunan sirkuit di Jakabaring akan dibahas lebih lanjut di Sidang Kabinet Terbatas," Gatot mengakhiri.


Penulis: Reza Adi Surya
Sumber: Inilah.com
Powered by Blogger.