Header Ads

postimage

Harga Ikan Melambung, Nelayan Enggan Melaut Akibat Cuaca Buruk


Indramayu - Gelombang tinggi dan angin kencang yang terjadi di perairan Laut Jawa selama dua pekan terakhir menyebabkan ratusan nelayan Pantura di Eretan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat berhenti melaut.

Akibatnya harga ikan pun mengalami kenaikan tajam akibat langkanya pasokan ikan. Ratusan nelayan kini hanya bisa menambatkan perahu dan kapal mereka di tepi sungai, memilih tidak melaut akibat gelombang setinggi tiga meter di sertai angin kencang.

“Enggak sedikit para pedagang ikan di sini pilih tutup karena kesulitan dapat pasokan ikan dari nelayan,” ujat Emi, salah satu pedagang ikan di TPI Eretan.

Mereka pun hanya menghabiskan waktu dengan memperbaiki jaring dan kapal mereka yang sudah rusak. Meski ada sejumlah nelayan memaksa melaut, namun hasil tangkapan yang diperoleh hanyalah sedikit.

Akibat tidak melautnya ratusan nelayan ini mengakibatkan semua jenis ikan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Eretan naik hingga 50 persen. Kenaikan di setiap ikan berkisar antara Rp15 ribu-Rp20 ribu per kilogram.

Kondisi ini pun keluhkan pedagang akibat sepinya pembeli. Bahkan sebagian pedagang memilih untuk tak berjualan.


Penulis: Toiskandar
Sumber: Okezone
Powered by Blogger.