Dedi Suprapto, Pengusaha Sukses Kulit Lumpia di Cilegon Asal Indramayu

Indramayu - Peluang usaha seputar kuliner sangat beragam, salah satunya dengan menerjuni pembuatan kulit lumpia. Ketika usaha semacam ini semakin banyak diketahui masyarakat, diharapkan konsumennya akan semakin meningkat. Apalagi produk kulit lumpia juga dapat digunakan sebagai kulit jenis makanan lain seperti piscok, risol, lumpia dll. Semakin maju dan berkembangnya usaha ini diharapkan dapat membuka lapangan kerja bagi orang lain.

Dialah Dedi Suprapto pengusaha kulit lumpia asal Jatibarang yang mempunyai pabrik kulit lumpia di Kota Baja Cilegon Banten, berawal dari tahun 2006 dia memulai usahanya di kota Cilegon mendirikan pabrik kulit lumpia dengan nama Dharma Ayu Sejahtera mengangkat merek Kulit lumpia cap "Dedi Dharma Ayu".

Perintisan usahanya sudah dimulai tahun 2006. Awalnya dikerjakan sendiri, sekarang sudah mempunyai sepuluh tenaga khusus yang mencetak kulit lumpia. Tiga lagi tenaga khusus menata dan menempatkan kulit lumpia dalam wadah plastik.

Saat ini pemasaran produk kulit lumpia miliknya sudah meyebar ke pasar seluruh Cilegon, Pandeglang, Jabodetabek bahkan menerima pemesanan online hingga ke pulau Sumetera via paket. Pabrik kulit lumpia Darma Ayu Sejahtera Cilegon sudah mengantongi setifikat halal dan surat-surat izin dari dinas terkait di Cilegon.

“Mayoritas kulit lumpia di tempat saya diambil bakul pasar maupun penjual gorengan, pengiriman kami menggunakan delivery order ke pedagang langsung, sebagian yang sudah tau lokasi pabrik kami mengambil sendiri kulit lumpia ke pabrik" ungkapnya.

Dalam sehari, lanjutnya, rata-rata dapat menghasilkan 25.000 lembar kulit lumpia. Bahan baku yang digunakan cukup tepung terigu 175 kilogram (tujuh karung) dan garam secukupnya. Ketika ada pesanan yang meminta ditambah telur, ia pun akan melayaninya dengan tambahan telur. Namun, harganya akan sedikit lebih mahal. Setiap tenaga kerjanya yang mencetak kulit lumpia, bekerja antara pukul 06.00 sampai 18.00. Pabriknya saat ini sudah over order diharapkan kedepan bisa mendabah kapasitas produksinya lagi.

Pabrik Kulit Lumpia Dharma Ayu  Sejahtera 
Kelurahan Sukmajaya 
Link Nyikambang 
Cilegon - Banten


Penulis : Ngadimin
Sumber : Indramayu Post.Com
Powered by Blogger.