Gebrakan Bupati Anna Sophanah, Segera Bangun Kampung Nelayan Modern


Indramayu - Setelah kembali menerima jabatan sebagai Bupati Indramayu, Hj. Anna Sophanah langsung melakukan gebrakan. Bersama dengan Kementrian Koordinator Maritim dan Sumber Daya RI, Bupati Indramayu segera merealisasikan kawasan nelayan modern di Desa Karangsaong dan Pabean Udik Kecamatan Indramayu.

Kepastian itu terungkap setelah adanya ekspose dari berbagai kementrian dihadapan Bupati Indramayu, Selasa (23/02/2016) di ruang dalam Pendopo Indramayu.

Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah menjelaskan, kawasan Karangsong akan segera dilakukan revitalisasi dari berbagai sector. Kebijakan ini adalah sinkronisasi antara pemerintah daerah dengan pemerintah pusat di bawah koordinasi Kementrian Maritim dan Sumber Daya.

“Ini adalah pembagian tugas antara pemernitah daerah dan pusat, saat ini kami tengah menyusun perubahan RTRW dan juga menyusun site plan untuk pengembangannya. Dengan adanya pembangunan kawasan nelayan modern diharapkan kawasan Karangsong menjadi lebih tertata rapi yang berwawasan lingkungan, dan pada nantinya kesejahteraan nelayan akan meningkat, ini menjadi harapan kita bersama,” tegas Anna.

Anna melanjutkan, konsep dalam kawasan nelayan modern ini yang akan dilakukan diantaranya adalah penataan kali Prajagumiwang dari mulai Cimanuk hingga ke muara Karang Song, pembuatan kolam labuh, docking kapal, galangan kapal nelayan, pemindahan TPI, pembangunan mangrove centre, pengembangan ekowisata bahari, kampong nelayan.

Sementara itu Staf Khusus Menko Maritim dan Sumber Daya, Safri Burhanudin menjelaskan, Karangsong akan dijadikan model didaerah pantai utara Jawa sebagai kawasan nelayan modern. Tahun ini segera dilakukan pembangunannya dan sekitar 2 tahun diharapkan bisa selesai dengan serapan anggaran sekitar 150 sampai 200 miliar yang bersumber dari APBD, APBN maupun CSR.

Seusai melakukan ekspose di pendopo selanjutnya rombongan melakukan peninjauan langsung ke lapangan diantaranya, Waduk Bojongsari, Jembatan Balas Bangkir, dan terakhir melihat langsung Sungai Prajagumiwang di Desa Pabean Udik dan Karang Song. 

Penulis : Deny Sanjaya
Sumber : Humas Protokol Pemda Indramayu
Powered by Blogger.