Header Ads

postimage

Air Sungai Sindupraja di Kabupaten Majalengka Kembali Melimpah

Majalengka - Setelah lama kering, Sungai Sindupraja yang mengalir dari Bendung Rentang Jatitujuh kini mulai terisi. Air yang mengalir di sungai tersebut berasal dari  luapan air sungai Cimanuk, sehingga petugas  bendung terpaksa membuka pintu-pintu air, termasuk yang mengalir ke sungai Sindupraja.

Mulai normalnya aliran sungai Sindupraja  membuat kaget  warga di daerah aliran sungai. Pasalnya  air datang secara mendadak dan langsung besar, seperti banjir. Padahal hujan di wilayah kawasan utara baru satu kali terjadi, itupun tidak deras.

Seorang  petani Kosim  (45) mengatakan, dirinya dan petani di sekitar aliran sungai Sindupraja merasa kaget karena air langsung melimpah. Kondisi tersebut tentu saja disambut petani dengan senang hati, karena lahan sawahnya akan segera  terairi.

"Sungai ini sempat kering hampir tiga bulan, kini airnya sudah melimpah lagi. Tentunya kami merasa senang, meskipun sempat terkejut dengan air yang langsung besar,” ujarnya, Kamis ( 12/11).

Kosim  mengatakan, berdasarkan pengalamannya dulu, kemarau tahun ini dirasa paling lama dan paling menyusahkan para petani. Apalagi hampir tiga bulan sungai Sindupraja  sama sekali  tidak ada airnya.

"Alhamdulillah kini sudah memasuki musim hujan lagi. Seingat saya, tahun kemarin tidak sampai kering alirannya, selalu ada meski tak banyak," katanya.

Berbeda dengan Kosim, warga di Desa Ampel Kecamatan Ligung justru merasa kuatir dengan mulai melimpahanya air sungai Sindupraja. Hal itu disebabkan aliran sungai Sindupraja yang melewati desa Ampel seringkali meluap hingga memasuki kawasan pemukiman.

"Kalau warga di Ampel biasanya musim hujan itu aliran sungai Sindupraja meluap hingga ke pemukiman warga,"ujar Kariman, warga setempat.

Seperti diketahui aliran sungai Sindupraja melewati sejumlah desa yang berada di wilayah Kecamatan Ligung dan Jatitujuh. Di Kecamatan Jatitujuh desa yang dilintasi aliran sungai Sindupraja  diantaranya, Desa Randegan Kulon dan Randegan  Wetan. Kemudian Desa  Wanasalam, Ligung Lor dan Ampel untuk Kecamatan Ligung.



Penulis : ABR
Sumber :Fajarnews

No comments

Powered by Blogger.