Header Ads

postimage

Indramayu Kekeringan, Warga Manfaatkan Sungai Kering untuk Berbisnis Pasir

Indramayu - Musibah kekeringan yang melanda di beberapa Kecamatan di Kabupaten Indramayu ternyata tidak seluruhnya dikeluhkan oleh masyarakat. Pasalnya bagi sebagian masyarakat, musibah tersebut bisa menguntungkan dengan memanfaatkan tanah pasir dari beberapa sungai yang kering untuk dijual.

Misalnya saja yang dilakukan oleh salah seorang warga Desa Congger Kecamatan Terisi Kabupaten Indramayu, Lurus (40). Menurut pria yang sehari-hari bekerja sebagai petani tersebut merasa resah dengan musibah kekeringan yang melanda areal persawahannya, oleh karena itu untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari dia memilih untuk mengumpulkan tanah pasir di sungai-sungai yang sudah kering namun tanah pasirnya masih dalam keadaan lembab.

“Sudah seminggu mengumpulkan tanah pasir lumayanlah,” terangnya saat ditemui CT disela-sela mengumpulkan tanah pasir sungai Congger Desa Congger Kecamatan Terisi Kabupaten Indramayu, Sabtu (04/07).

Meskipun kata dia, pihaknya harus dapat menahan teriknya matahari ketika memasuki siang hari. “Mau gimana lagi untuk memenuhi kebutuhan dengan ancaman persawahan kami terkena puso,” ujarnya.

Lanjut Lurus, bukan hanya pihaknya yang memilih mengumpulkan tanah pasir melainkan sedikitnya ada 20 orang lagi yang memilih mengumpulkan tanah pasir. “Sehari bisa dapat 1 mobil bak ukuran kecil dengan uang yang didapatkan sekitar Rp. 500 ribu. Biasa dijual ke warga yang sedang membuat rumah di sekitar desa ini saja,” pungkasnya.



Penulis:Dwi
Sumber:Indramayutrust

No comments

Powered by Blogger.