Header Ads

postimage

Raih IAA 2015, Indramayu Berpotensi Tarik Investor

Indramayu - Kabupaten di pesisir pantai utara (Pantura) Jabar, Indramayu, patut berbangga. Pasalnya, daerah ini termasuk salah satu  yang mendapat penghargaan Indonesia’s Attractiveness Award  (IAA) 2015. Indramayu didaulat sebagai penerima penghargaan IAA kategori kabupaten terbaik dengan memperoleh index total 69.71 poin.

Tentu, raihan penghargaan itu dicapai setelah Kabupaten Indramayu melewati tahap penyaringan data-data perekonomian di seluruh kabupaten/kota di Indonesia serta melakukan survei, pengolahan, dan verifikasi data terhadap nominasi-nominasi kota/kabupaten terpilih. Menurut Ade Liesnasari, panitia penyelenggara IAA 2015, dengan terpilihnya Indramayu sebagai pemenang IAA Award, hal ini menunjukkan adanya potensi besar bagi Kabupaten Indramayu untuk dapat menarik para investor dan pelaku bisnis dalam memajukan perekonomian daerah.

Dalam ajang yang diadakan atas kerja sama Tempo Media Group dan Frontier Consulting Group, dalam penilaiannya melibatkan investor, profesional dan pengamat. Sementara yang menjadi kriteria penilaian yaitu investasi, infrastruktur, pelayanan publik, dan pariwisata.

Ade Liesnasari menjelaskan, untuk pemenang level kabupaten  dikategorikan ke dalam top kabupaten terbaik dengan indeks total diatas rata-rata, top 3 kabupaten dengan indeks investasi tertinggi, top 3 kabupaten dengan indeks infrastruktur tertinggi, top 3 kabupaten dengan indeks pelayanan public tertinggi, top 3 kabupaten dengan indeks pariwisata tertinggi, dan top kabupaten per koridor.

“Riset yang kami lakukan meliputi investasi, infrastruktur, layanan publik dan pariwisata. Masing-masing penilaian itu memiliki indeks nilai yang berbeda dan Kabupaten Indramayu menjadi salah satu kabupaten terbaik karena memiliki indeks total di atas rata-rata,” ujar Ade.

Penyerahan pengakuan prestasi pada para perwakilan penerima Indonesia’s Attractivesness Award 2015  diselenggarakan pada Jumat, 12 Juni 2015 di Hotel Mulia Senayan Jakarta dengan acara bertema; "Malam Penganugerahan Indonesia Attractiveness Index Award 2015". Kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, dan dihadiri pula oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi, dan Kepala Badan Koordinasi Penanamanan Modal Franky Sibarani

Bukti Indramayu membangun

Bupati Indramayu Hj Anna Sophanah yang hadir langsung pada kesempatan itu bersama dengan Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Indramayu, Wawan Idris, menjelaskan, dengan diraihnya IAA 2015 ini, pemerintah daerah  dan warganya bisa bahu-membahu untuk saling menjaga dan mempertahankan penghargaan tersebut bahkan bisa dikembangkan kembali. Namun yang terpenting, kata Anna, bukan penghargaan yang dicari, tetapi pembangunan yang berorentasi kepada masyarakat yang terus dikembangkan untuk menjadi komitmen dari para penyelenggara pemerintahan di daerah.

“Dengan penghargaan ini menjadi pemicu untuk terus membangun agar infrastruktur, investasi, pelayanan public dan sector wisata bisa lebih berkembang dan maju pesat di Kabupaten Indramayu,” kata bupati. 


Penulis: Agus Yulianto
Sumber:REPUBLIKA.CO.ID

No comments

Powered by Blogger.