Header Ads

postimage

Indramayu Percepat Tanam Padi Hadapi Musim Kemarau

Indramayu - Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Indramayu Jawa Barat menyebar surat edaran yang berisi imbauan agar petani setempat mempercepat masa tanam padi untuk musim gadu (kemarau).

Surat edaran yang dikeluarkan Distan Indramayu terkait percepatan masa tanam padi musim gadu untuk meminimalisir resiko kekeringan karena volume air irigasi yang bersumber dari Sungai Cimanuk dipastikan berkurang saat kemarau.

Wakil Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Indramayu Sutatang membenarkan adanya surat edaran dari Distan agar petani segera bersiap memulai tanam padi saat mulai panen musim rendeng (penghujan).

Dia menuturkan pihaknya mendukung langkah Distan Indramayu karena para petani di daerah tersebut mengalami keterlambatan tanam padi musim rendeng di akhir 2014 lalu sehingga resiko kekeringan akan semakin tinggi jika petani kembali terlambat tanam.

“Kami telah terima surat edaran, dan seluruh anggota KTNA telah kami informasikan agar mereka mempercepat tanam padi musim gadu nanti,” katanya, Kamis (2/4/2015).

Sutatang mengungkapkan ancaman kekurangan air di Kabupaten Indramayu sebenarnya bisa diminimalisir jika Waduk Jatigede telah berfungsi menyimpan air dari aliran Sungai Cimanuk pada saat musim penghujan.

“Kami berharap Waduk Jatigede segera berfungsi agar ketersediaan air tetap terjaga meskipun saat kemarau,” ujarnya.



Penulis:Maman Abdurahman
Sumber: Bisnis.com

No comments

Powered by Blogger.