Header Ads

postimage

Bupati Indramayu : Aher Janjikan Pengoperasian Waduk Jatigede Tahun Depan

Gubernur JABAR Ahmad Heryawan
Indramayu - Bupati Indramayu Anna Sophanah berharap pengoperasian Waduk Jatigede di Kabupaten Sumedang Jawa Barat bisa segera direalisasikan agar fungsi Sungai Cimanuk bisa maksimal dan tak jadi ancaman warganya saat musim penghujan.

Luapan Sungai Cimanuk akibat jebolnya 9 tanggul di sepanjang aliran sungai itu membuat ribuan rumah warga di sejumlah desa yang berada di 7 kecamatan di Kabupaten Indramayu terendam bahkan luapan air hingga menutup akses Jalur Pantura beberapa hari lalu.

Anna mengatakan saat berkunjung ke Posko penanganan banjir Indramayu, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menjanjikan akan mulai mengoperasikan Waduk Jatigede pada 2016 mendatang yang nantinya akan bermanfaat untuk mengatur debit air di Sungai Cimanuk.

Dia menuturkan dengan adanya janji dari Aher, Pemkab Indramayu sedikit tenang karena jika telah berfungsi, Waduk Jatigede bakal bisa menampung air dan saluran irigasi yang bersumber dari Sungai Cimanuk akan menjangkau seluruh sawah yang ada di Indramayu.

“Selain itu, ancaman banjir dari luapan Sungai Cimanuk juga bisa diatasi jika Waduk Jatigede berfungsi,” katanya, Jumat (20/3/2015).

Anna menilai perbaikan sejumlah tanggul di aliran Sungai Cimanuk saat ini hanyalah jadi solusi sementara karena ancaman banjir bakal tetap ada kecuali Waduk Jatigede berfungsi dan menahan air yang mengalir deras di Sungai Cimanuk saat musim penghujan. (k3)



Penulis: Maman Abdurahman
Sumber: Bisnis.com

No comments

Powered by Blogger.