Header Ads

postimage

Jelang Lebaran, Harga Hewan Kurban Alami Kenaikan

Indramayu - Harga jual hewan kurban seperti kambing dan sapi mengalami kenaikan menjelang idul adha. Kenaikan tersebut berada di antara Rp 200 ribu-1 juta per ekor, tergantung ukuran hewan kurban.

Rawin, pedagang hewan kurban kambing di Kelurahan Karanganyar, Kecamatan Indramayu, mengatakan, harga kambing kurban saat ini berkisar antara Rp 1,5 juta sampai Rp 5 juta. Menurutnya, besaran harga tersebut berbeda-beda. Tergantung ukuran kambing.

"Dibandingkan tahun lalu, harga kambing kurban saat ini naik di kisaran Rp 200 ribu,'' tuturnya, Selasa (30/9/2014).

Menurut dia, kenaikan harga itu sudah berasal dari peternaknya. Dia mengaku mengambil hewan qurban tersebut dari peternak di Garut. Menyinggung soal penjualan hewan qurban, Rawin mengaku ada kecenderungan penurunan.

Dia menyebutkan, pada H-5 lebaran Idul Adha tahun lalu, dia berhasil menjual sepuluh ekor kambing. Sementara pada saat ini, kambing yang terjual baru tujuh ekor. ''Kalau Idul Adha tahun kemarin, hingga hari H, saya berhasil menjual 25 ekor kambing,'' ujar Rawin.

Kenaikan harga juga terjadi pada hewan kurban sapi. Seorang pedagang hewan qurban sapi di kawasan Waduk Bojongsari Indramayu, Munif menyebutkan, harga sapi kurban yang dijualnya berkisar antara Rp 15,5 juta-35 juta per ekor.

Menurutnya, harga hewan kurban sapi itu naik di kisaran Rp 1 juta dibandingkan Idul Adha pada tahun kemarin. "Tapi, kenaikan ini tidak signifikan,'' katanya.

Munif mengatakan, penjualan sapi kurban pada tahun ini tidak jauh berbeda dengan tahun lalu. Dia mengaku, sapi kurban yang terjual tahun lalu mencapai 20 ekor. ''Lebaran Idul Adha masih lima hari lagi. Saya optimis bisa menyamai penjualan seperti tahun lalu,'' terang Munif.

Munif menambahkan, selain khusus menjual sapi kurban, dia juga berusaha dalam bidang penggemukan sapi. Oleh sebab itu, seandainya sapi kurban tak laku seluruhnya, akan dipelihara untuk penggemukan. (MA) 

No comments

Powered by Blogger.