Header Ads

postimage

Selesai Diperbaiki Diharapkan Bendungan Karet Tampung Lebih Banyak Air

Indramayu - Perbaikan Bendungan Karet Rambatan di Desa Bangkir, Kecamatan Lohbener, hampir rampung. Penjaga bendungan mengharapkan air dari Bendungan Rentang, Kabupaten Majalengka, yang tertampung di Bendungan Karet Rambatan bisa semakin banyak. 

Pengawas Bendungan Karet Rambatan dari Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk-Cisanggarung, Sutisno mengatakan, sebelum ada perbaikan, karet yang berfungsi untuk menahan laju air yang datang dari arah Bendungan Rentang seringkali mengalami kebocoran. Akibatnya, banyak air yang tersia-siakan karena mengalir jauh ke arah lepas pantai jawa. 

Padahal, menurut dia, air yang tertahan di Bendungan Karet Rambatan berfungsi untuk kebutuhan air rumah tangga, dan pengairan padi para petani yang berada di Kecamatan Indramayu, Sindang, maupun Lohbener. 

“Karena penahan airnya memang dari karet, biasanya sobek karena terkena material yang terbawa oleh aliran air. Materialnya macam-macam, seperti batang pohon yang tumbang,” katanya, Selasa (23/9/2014).

Menurutnya, bila karet itu diisi angin, akan melendung, dan air yang mengalir dari arah Bendungan Rentang ke arah Kecamatan Cantigi akan tertahan oleh karet tersebut. 

Air yang tertahan tersebut kemudian bisa dialirkan ke Bendung Pengendali Banjir Bangkir atau Balas Graha. Dari Balas Graha, air yang tertampung itu kemudian dimanfaatkan oleh PDAM serta kelompok tani. 

Dia menuturkan, peranan Bendungan Karet Rambatan penting terutama bila musim kemarau berlangsung. Menurutnya, air yang tertampung bisa menjadi semacam persediaan air cadangan bila pasokan air sedang berkurang.(Muhammad Ashari/A-89/PRLM)

No comments

Powered by Blogger.