Header Ads

postimage

Pemkab Indramayu Ajak Warga Tanami Pekarangan

Indramayu - Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan Pertanian Pemerintah Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, mengajak warga menanami pekarangan supaya lahan di sekitar rumah menjadi produktif dan terjaga kelembapannya.

Kepala Seksi Produksi Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan Pertanian Kabupaten Indramayu, Anang, di Indramayu, Minggu, mengatakan, perawatan lahan pekarangan mudah dan bisa diproduktifkan misalnya dengan menanam pohon buah-buahan, jagung, dan singkong.

Dikatakannya, pengairannya akan cucup dengan memanfaatkan air bekas cucian, sehingga pekarangan juga isa terhindar dari kekeringan, hasil panen maksimal, sehingga dapat mengurangi beban belanja keluarga.

Program memanfaatkan pekarangan untuk ditanam berbagai jenis tanaman pangan akan terus dilakukan pemkab setempat dengan meningkatkani kesadaran masyarakat Pantura Kabupaten Indramayu peduli terhadap kebutuhan akan pangan.

Sementara itu Andi warga Indramayu mengaku, memanfaatkan lahan pekarangan untuk tanam sayuran organik, setiap bulan bisa menghasilkan sekitar Rp600 ribu. Luas lahannya hanya 200 meter. Di sana aneka sayuran tumbuh subur dengan memanfaatkan pupuk kotoran kambing.

Mengolah lahan pekarangan sebagai tempat tanam menguntungkan, kata dia, karena perawatanya bisa dilakuakn setiap saat. Selain itu kebutuhan air mudah dengan mengalirkan bekas mandi, cuci piring dan cuci pakaian.(Antara)

No comments

Powered by Blogger.