Header Ads

postimage

Jajaran Kodim 0616 Indramayu Buat 35.000 Sumur Resapan Biopori

Indramayu - Jajaran Kodim 0616 Indramayu membuat sedikitnya 35.000 sumur resapan air atau biopori di sejumlah titik di wilayah koramil-koramil se-Kabupaten Indramayu. Kegiatan itu dilaksanakan dalam menyambut HUT ke-69 TNI  pada 05 Oktober 2014.

Pembuatan sumur biopori sebanyak 35.000 buah itu dilakukan dalam kegiatan bakti sosial yang bertujuan sebagai upaya pelestarian lingkungan. Khususnya dalamnya bencana alam banjir akibat tingginya curah hujan pada musim penghujan beberapa waktu mendatang.

Dandim 0616 Indramayu Letkol Arh. Zaenudin, SH, M.Hum kepada Pos Kota kemarin mengatakan, pembuatan resapan biopori merupakan rangkaian kegiatan HUT TNI dan sebagai salah satu bentuk pengabdian TNI kepada masyarakat khususnya untuk mengurangi genangan air pada saat musim penghujan nanti. Dengan pembuatan sumur biopori itu maka genangan air mudah diserap kedalam lubang tersebut.

Pembuatan sumur resapan biopori bertujuan untuk mengantisipasi datangnya musim hujan, sehingga dapat menyerap air dan menghindari banjir. Dengan kriteria pembuatan lubang pada lahan terbuka yang sering tergenang air atau pada lahan yang kurang subur. Dengan kedalaman 1 M-1,5 M diameter 0,1 M – 0,2 M dan berjarak 2,5 M.

Dandim mengajak masyarakat memanfaatkan limbah rumah tangga, berupa; botol plastik, pot bunga bekas sebagai media pembuatan lubang tersebut dan mengisi lubang tersebut dengan sampah organik dengan kapasitas 5 kg/lubang. (Tar/Sir/Poskota)

No comments

Powered by Blogger.