Header Ads

postimage

Musim Kemarau, Petani Indramayu Kembangkan Blewah

Indramayu - Sejumlah petani di daerah Pantura Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, mengembangkan buah blewah karena tanaman tersebut cocok dan potensial di pesisir pantai terutama pada musim kemarau.

Sugiono salah seorang petani di Indramayu, kepada wartawan, Selasa, mengatakan, kemarau petani di Indramayu memanfaatkan untuk kembangkan buah blewah, hasil panennya menguntungkan karena harga jual cukup tinggi dan mudah perawatan tanaman tersebut.

Blewah cocok dan potensial dikembangkan di lahan kering pesisir pantai Kabupaten Indramayu, kata dia, musim kemarau tepat memanfaatkan tanaman hemat air.

Menurut dia, lahan pertanian di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, merupakan tadah hujan sehingga kemarau petani harus pandai memilih tanam untuk menghindari gagal panen akibat kekeringan. Kini sebagian mengembangkan blewah, semangka, melon.

Bahkan, petani melon di Indramayu hanya mengolah lahan mereka saat kemarau karena budidaya buah tersebut menguntungkan dibandingkan dengan tanam padi, karena hasil panennya dilirik pasar ekspor.

Budidaya buah seperti melon, semangka, blewah hasil panennya akan maksimal dan kualitasnya tembus ekspor saat kemarau panjang, tetapi musim penghujan kurang maksimal dan sering gagal panen.

Sementara itu Jafar petani lain mengaku, budidaya melon, semangka dan blewah potensial dikembangkan di daerah Pantura Kabupaten Indramayu, terutama memasuki kemarau sebagian petani diuntungkan musim kering tersebut dibandingkan penghujan.

Petani melon lebih tertarik tanam saat kemarau karena hasil panen mereka tembus pasar ekspor, kata dia, mereka enggan tanam padi dianggap perawatan dan pasokan air harus terpenuhi, selain itu harga jual gabah sering anjlok ketika panen raya.

Sementara itu Kasi Produksi Badan Ketahanan Pangan Indramayu Ir Anang menuturkan, lahan pertanian Indramayu masih rawan kekeringan saat kemarau, langkah tepat memanfaatkan tanam buah melon, semangka dan blewah.

Buah semangka, melon dan blewah harga jualnya cukup tinggi, kata dia, sehingga mengutungkan bagi petani selain itu masa panen singkat dibandingkan tanam padi. Sebagian mereka memilih kembangkan melon saat kemarau karena mampu mendongkrak daya beli. (Enjang/Antara)

No comments

Powered by Blogger.