Header Ads

postimage

Jalur Hijau di Jalan Pasar Baru Indramayu Dipadati PKL

Indramayu (PRLM) - Jalur hijau di Jalan Pasar Baru, Kecamatan Indramayu, dipadati oleh pedagang kaki lima. Padahal, jalur tersebut seharusnya steril dari aktivitas PKL. 

Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian, Perdagangan, dan UKM Indramayu, Maman Kostaman mengatakan, banyaknya jajaran pepohonan menyebabkan Jalan Pasar Baru ditetapkan sebagai jalur hijau. Namun demikian, kehadiran PKL turut membuat kawasan tersebut menjadi tidak tertata.

"Maraknya PKL di jalur tersebut turut menyumbangkan perolehan poin yang rendah dalam penilaian Adipura belum lama ini," katanya, Minggu (7/9/2014). 

Dia menambahkan, pihaknya sedang mewacanakan penataan di kawasan jalur hijau tersebut. Terdapat dua opsi penataan terkait hal tersebut, yakni merevitalisasi pasar, atau memindahkan PKL yang ada di jalur hijau ke tanah milik pemkab yang terletak tidak jauh dari jalur hijau. 

Dalam revitalisasi Pasar Baru, PKL yang saat ini berada di jalur hijau bisa turut dalam revitalisasi. Sementara opsi pemindahan ke lahan milik pemkab, dia menuturkan, terdapat tanah seluas 4,5 hektare yang merupakan aset pemkab. Letaknya bersebelahan dengan Polsek Indramayu, dan masih dekat dengan jalur hijau. 

Namun aset milik pemkab itu merupakan areal yang menjorok ke dalam dari Jalan Pasar Baru. "Kalau setting-an saya, PKL lebih baik pindah ke tanah milik pemkab itu. Tujuan utamanya, yang penting, jalur jalan menjadi tertib," tuturnya. 

Dia mengatakan, dengan penyediaan lahan, setidaknya ada opsi bagi PKL untuk tetap berjualan. Jadi, tidak hanya asal melarang berjualan saja. "Harapannya, pada awal tahun 2015 nanti, anggaran sudah bisa ada," ujar Maman. 

Dia mengatakan, bila rencana relokasi terealisasi, akan terdapat penataan juga terkait jenis jualan di Pasar Baru. Menurutnya, kios di Pasar Baru akan ditata hanya untuk pedagang yang berjualan barang-barang elektronik, dan sparepart. Sementara pedagang yang berjualan di luar itu, tempat berdagangnya akan dipindahkan ke tanah milik aset pemkab tersebut.(foto:ilustrasi)

No comments

Powered by Blogger.