Header Ads

postimage

Jalur Mudik Indramayu, Pemudik Waspadai Jalur Rawan Begal

Indramayu (prlm)- Mengomentari soal persiapan selama momentum Ramadan, Kasatlantas Polres Indramayu, Andry mengatakan, akan terdapat personel yang diperbantukan untuk mengatasi persoalan lalu lintas di Indramayu. Dia menyebutkan, akan terdapat 556 personel yang diperbantukan dari Mabes Polri, dan 100 personel yang diperbantukan dari Polda Jabar.

Selain itu, pihaknya juga akan menyiapkan juga 1.500 tolo-tolo untuk mengatur arus lalu lintas selama Ramadan, terutama ketika arus mudik meningkat. Pengadaan tolo-tolo itu menurutnya disiapkan secara swadaya.

"Kami juga akan mengurangi jumlah putaran kendaraan (enthon) ilegal yang ada di Indramayu saat ini. Berdasarkan pendataan, saat ini terdapat 243 putaran kendaraan yang ilegal. Kami menargetkan jumlah itu akan berkurang sampai 32 putaran," katanya.

Salah satu faktor lain terkait persiapan Ramadan adalah adanya jalur-jalur yang rawan aksi curanmor. Ketua Pelaksana Kegiatan Pam Lebaran Idulfitri 2014 Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Indramayu, Lilik Mujaki mengatakan, para pemudik harus mewaspadai adanya jalur yang rawan aksi curanmor dan begal.

Lilik menyebutkan, sejumlah titik jalur alternatif yang rawan tindak kejahatan adalah ruas jalur Cikamurang - Jangga, Celeng - Jatibarang (jalan lama) dan Simpang Lima - Jalan Ibu Tien. Menurutnya, kerawanan terjadinya tindak kejahatan itu dikarenakan jalur-jalur tersebut jauh dari pemukiman penduduk. "Di sepanjang kanan dan kiri jalan di ruas jalur itu, sebagian besar berupa areal persawahan maupun hutan," katanya.

Andry mengatakan, jalur rawan begal yang diantisipasi oleh pihaknya adalah jalur tengah Cikamurang. Pasalnya, di daerah tersebut minim penerangan. Dia mengaku telah berkoordinasi dengan Satreskrim bersama jajaran Sabhara untuk mengantisipasi aksi begal di jalur alternatif ketika mudik nanti.

"Akan ada petugas yang berjaga secara mobile. Kami juga menyiapkan sejumlah pos pengamanan. Khusus untuk di sepanjang jalur Cikamurang, disiapkan tiga unit pos pam," tuturnya.

No comments

Powered by Blogger.