Header Ads

postimage

Sarana Penunjang Belum Rampung, Relokasi Pedagang Pasar Karangampel Mundur 2014

Indramayu - Relokasi ratusan pedagang di Pasar Karangampel Kabupaten Indramayu yang semula dijadwalkan pada 5 Desember ini ditunda hingga tahun depan. Alasannya, pembangunan sejumlah fasilitas di lokasi baru di Blok Kamal, Jalan Juntinyuat-Karangampel hingga kini belum sempurna.

“Jadi, relokasi baru akan dilakukan tahun depan sekitar Mei-Juni. Sekarang, kami masih menginventarisasi kebutuhan pedagang, agar saat relokasi tidak ada keluhan lagi,” kata Supendi, Wakil Bupati Indramayu seusai rapat paripurna di Gedung DPRD Indramayu, Senin (2/12/2013).

Supendi menuturkan, sejumlah fasilitas yang belum sepenuhnya rampung di pasar yang baru di antaranya yaitu jalan lingkungan, pagar, dan masjid. Meski demikian, anggaran pembangunan fasilitas sebesar Rp 1 miliar tersebut sudah masuk dalam dana APBD 2014.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Indramayu, Abdullah Thohir mengamini rencana Pemkab Indramayu merelokasi ratusan pedagang Karangampel tersebut tahun depan. Dia menilai, relokasi tahun depan cukup realistis sehingga pasar di lokasi yang baru bisa ditunjang dengan fasilitas yang memadai.

“Intinya, jangan terburu-buru merelokasi pedagang sebelum pembangunan fasilitas di pasar yang baru selesai. Jadi, para pedagang pun nanti bisa menempati pasar baru tersebut dengan nyaman,” ujarnya.

Relokasi Pasar Karangampel dilakukan lantaran Pasar Karangampel yang ditempati pedagang saat ini dinilai sudah tidak layak dan mengganggu arus lalu lintas. Pasalnya, pasar yang terletak di Jalan raya penghubung Indramayu-Cirebon ini berseberangan dengan Subterminal Karangampel sehingga memicu volume kendaraan yang tinggi.

Selain itu, melubernya para pedagang hingga ke bahu jalan di sekitar Pasar Karangampel juga menjadi sumber kemacetan. Kondisi tersebut membuat kawasan tersebut semerawut.

Pembangunan lokasi baru Pasar Karangampel di Blok Kamal dilakukan sejak 2012 lalu dengan dana APBN sebesar Rp 9,6 miliar. Dana tersebut digunakan untuk membangun 244 kios dan 260 los di atas lahan seluas 5 hektare.

Pasar tersebut ditargetkan menjadi salah satu pasar percontohan dan ramah lingkungan. Pemkab Indramayu sebelumnya telah menyiapkan lahan seluas 16.900 meter persegi untuk relokasi Pasar Karangampel di Jalan Raya Juntinyuat-karangampel.

Selain akan menjadi percontohan pasar di kabupaten Indramayu, relokasi pasar tersebut juga akan menjadi solusi untuk mengurai kemacetan kendaraan di ruas jalan Cirebon-Karangampel. Sementara di lokasi lama, rencananya akan dibangun sarana olah raga. (PRLM)

No comments

Powered by Blogger.