Header Ads

postimage

Jelang Lebaran, Perhiasan Emas Imitasi Banyak Dipesan

Indramayu - Perhiasan emas imitasi kian diminati sebagai pernak-pernik Lebaran di berbagai daerah. Hal ini membuat perajin emas imitasi di Kabupaten Indramayu kebanjiran pesanan, terutama menjelang Lebaran.

“Pesanan meningkat 50 sampai 100 persen dari hari biasa ketika menjelang Lebaran. Kebanyakan pemesan dari luar pulau,” kata Wiryanto, perajin emas imitasi di kiosnya di areal Pasar Baru Indramayu kemarin.

Momen Lebaran, menurut Wuryanto, menjadi berkah tersendiri baginya. Jika penghasilannya pada hari biasa yaitu sekitar Rp 20 juta per bulan, menjelang Lebaran ini penghasilannya meningkat hingga Rp 50 juta seiring dengan meningkatnya permintaan perhiasan emas imitasi.

Perhiasan emas imitasi kian diminati warga dari berbagai daerah dan menjadi alternatif saat harga emas terus meningkat. Penampilan perhiasan emas imitasi yang menyerupai aslinya dengan harga yang jauh lebih murah menjadi faktor penarik masyarakat untuk memakainya.

Produk perhiasan emas imitasi buatan Wiryanto terdiri atas berbagai jenis, seperti kalung, cincin, gelang, hingga anting. Harganya, bervariasi, antara Rp 10.000-Rp 200.000 per unit. “ Itu bergantung pada kualitas dan daya tahan lapisan emasnya,” kata Wiryanto.

Perhiasan emas imitasi tersebut dibuat dari berbagai bahan, seperti tembaga dan kuningan yang kemudian dilapisi lempengan emas dengan teknik tertentu. Emas yang digunakan sebagai lapisan perhiasan tersebut murni 24 karat dengan ketahanan 1-6 bulan.

Kendati hanya imitasi, produk perhiasan emas imitasi di Kabupaten Indramayu sudah tersohor hingga ke luar daerah bahkan luar Pulau Jawa. Setiap menjelang Lebaran, perhiasan emas imitasi dari Indramayu kerap dipesan dari Pulau Kalimantan, Sulawesi, dan Sumatra.

Di tingkat lokal, perhiasan emas imitasi dari Indramayu juga banyak dipesan dari Surabaya, Solo, Pekalongan, Cianjur, hingga Tasikmalaya. Produk emas imitasi Indramayu dinilai memiliki kualitas yang baik dan tahan lama.

Meski demikian, Wiryanto mengungkapkan, produk perhiasan emas imitasi semakin berkembang dan kini banyak beredar produk buatan Cina. “Harganya sangat murah sehingga banyak diburu warga. Kualitasnya pun hampir sama,” ujarnya. (A-192/A-89/PR)

No comments

Powered by Blogger.