Header Ads

postimage

Aksi Spekulasi Tengkulak Picu Kenaikan Harga Gabah di Indramayu

Indramayu - Aksi spekulasi para tengkulak yang langsung membeli hasil panen padi petani diduga memicu kenaikan harga gabah di Kabupaten Indramayu.

Seorang petani di Desa Kroya Kecamatan Kroya Kabuapaten Indramayu Juroh mengatakan para tengkulak membeli gabah petani dengan harga yang cukup tinggi sehinga petani langsung melepas hasil panen mereka.

Dia menuturkan harga gabang kering panen (GKP) Rp4.300 per kg sedangkan gabah kering giling (GKG) Rp4.700 per kg atau lebih tiggi dari HPP yang ditetapkan pemerintah.

“Kami bersyukur harga gabah lebih tinggi dari yang telah ditetapkan pemerintah pada saat tengkulak menawar gabah petani langsung menjual karena harganya bagus,” katanya, Rabu (10/7/2013).

Juroh mengungkapkan selain karena tingginya penawaran harga yang diberikan tengkulak, desakan kebutuhan selama Ramadan juga mendorong petani untuk langsung melepas hasil panennya kepada tengkulak.

“Para tengkulak yang langsung membeli gabah petani di sawah selain berasal dari Indramayu juga banyak yang datang dari Subang dan Cirebon,” ujarnya. (k3/k29/yri/BJ)

No comments

Powered by Blogger.