Header Ads

postimage

Stok Darah Golongan AB di PMI Indramayu Sangat Minim

Indramayu - Stok darah golongan AB di PMI Unit Transfusi Darah (UTD) Indramayu, sangat minim. Padahal, golongan darah AB saat ini sedang dicari banyak pasien.

Ketua PMI Indramayu, Suwito Handoyo, menjelaskan, minimnya golongan darah AB itu terjadi sejak beberapa pekan terakhir. Bahkan, tiga hari yang lalu, stok golongan darah AB habis sama sekali.

"Padahal sejumlah pasien sudah antri menunggu untuk mendapatkan golongan darah AB," kata Suwito, Selasa (4/6).

Suwito mengatakan, sudah berupaya melaksanakan aksi donor darah ke sejumlah lembaga guna mengatasi masalah tersebut. Namun, dari aksi itu, pemasukan golongan darah AB hanya sedikit.

Seperti misalnya yang didapat saat aksi donor darah di PDIP Indramayu. Dari 27 pendonor, golongan darah AB hanya didapat dua labu saja. Selebihnya golongan darah A, B dan O.

"Begitu pula saat aksi donor darah di instansi lain, golongan darah AB yang kami dapat beberapa buah labu saja," tutur Suwito.

Oleh sebab itu, bagi pasien yang sangat membutuhkan golongan darah AB, Suwito  menyarankan keluarga pasien untuk mencarinya di kabupaten tetangga, yakni Cirebon.

Selain itu, pihaknya juga menyarankan mencari pendonor dari kerabat dan keluarga yang memiliki golongan darah tersebut. "Ya terpaksa harus seperti itu. Stok darah AB memang minim sekali," tutur Suwito. (108)

No comments

Powered by Blogger.