Header Ads

postimage

Masyarakat Indramayu Berharap Calon Legislatif Berkualitas

Indramayu - Ratusan bakal calon anggota DPRD Indramayu telah mendaftar ke KPU, tinggal menunggu hasil rekrutmen sebagai Daftar Calon Tetap (DCT).

Mereka berasal dari 12 partai politik dengan latar belakang yang berbeda-beda. Ada yang sudah lama bergulat di partai politik, ada mantan pejabat, istri pejabat, mantan kepala desa, istri kepala desa, aktivis hingga ibu rumah tangga dan masih banyak lagi.

Terlepas dari latar belakang mereka, banyak yang bertharap agar anggota DPRD ke depan bisa lebih berkualitas. Dengan demikian, mereka diharapkan mampu menjalankan fungsinya sebagai wakil rakyat yang dapat memperjuangkan aspirasi rakyat.

Edi Fauzi, aktivis LSM Intras, mengatakan, untuk mendapatkan anggota DPRD yang berkualitas, harus dimulai saat rekrutmen bacaleg.

"Kalau rekrutmennya saja sudah asal-asalan atau asal dapat calon, maka akan sulit untuk mendapatkan anggota DPRD yang berkualitas," tegasnya.

Edi juga berharap agar masyarakat bisa cerdas dalam memilih calon anggota Dewan, yaitu dengan melihat bagaimana kapasitas dan kemampuan orang yang bersangkutan. Masyarakat harus bisa memilih orang-orang yang selama ini telah banyak berbuat untuk kepentingan masyarakat.

Harapan akan caleg yang berkualitas juga diungkapkan Sekjen Koalisi Perempuan Indonesia (KPI) Cabang Indramayu, Winy. Ia mengakui kalau jumlah anggota Dewan perempuan di DPRD Indramayu selama ini sudah cukup lumayan. Hanya, secara kualitas dinilai masih belum sesuai harapan. Ia berharap anggota DPRD Indramayu yang akan datang bisa lebih berkualitas dibandingkan sebelumnya.

"Sebagai masyarakat Indramayu, kami tentunya sangat berharap agar anggota Dewan yang akan datang, khususnya dari kalangan perempuan, bisa lebih berkualitas, sehinga tidak ada kesan kalau mereka hanya sebagai pelengkap saja," ujarnya. (ysf/HF/RRI)

No comments

Powered by Blogger.