Header Ads

postimage

TMMD Bangkitkan Warga Cemara Losarang

Indramayu - Warga Desa Cemara Kulon Kecamatan Losarang bersyukur karena  desanya dijadikan sebagai lokasi kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-90  tahun 2013. Desa yang baru berusia 3 tahun ini mulai bangkit dan ingin mengejar ketertinggalan dengan desa lainnya.

Pemerintah Kabupaten Indramayu dan Kodim 0616 Indramayu memutuskan Desa Cemara  Kulon sebagai lokasi TMMD karena desa yang baru dimekarkan dari desa induknya yakni Desa Cemara Kecamtan Cantigi ini minim sarana dan prasarananya.

Selain itu, akses masuk ke desa ini sepanjang 7,8 kilometer juga sangat berat apalagi jika hujan  turun maka dipastikan kendaraan tidak bisa masuk. TMMD ke 90 tahun 2013 ini dibuka secara  resmi oleh Wakil Asisten Teritorial Kodam III Siliwangi Letkol Inf Bahram, Selasa (14/5) di lapangan bola desa setempat.

Dalam amanatnya, Letkol Inf. Bahram mengatakan, adanya TMMD diharapkan muncul  sinergitas antara masyarakat, pemerintah daerah, dan TNI untuk pembangunan. Selain itu efek  manfaat dari kegiatan ini bisa langsung mengangkat kondisi sosial masyarakat Desa Cemara Kulon terutama dalam pembangunan sarana dan prasarannya.

Sementara itu Komandan Kodim 0616 Indramayu Letkol CPN Asyik Rudianto, S.Mn. menjelaskan, kegiatan TMMD dilaksanakan selama 21 hari terhitung sejak tanggal 14 Mei hingga 3 Juni 2013. Sedangkan anggaran yang digunakan bersumber dari APBD Kabupaten  Indramayu sebesar Rp 1.575.334.000,00.

TMMD kali ini akan mengerjakan sasaran kegiatan yang telah ditentukan yakni pengaspalan  jalan Desa Cemara Kulon sepanjang 2,2 kilometer dengan lebar 3 meter, perbaikan jalan setapak menggunakan  paving block sepanjang 500 meter dan  lebar.1,5 meter, perbaikan rumah gakin sebanyak 10 unit, renovasi ringan kantor desa 1 unit. Selanjutnya pembuatan tanggul penahan tanah (TPT) sepanjang 300 meter, pengembangan PJU sebanyak 30 titik, pembuatan tempat penampungan sampah 1 unit, dan penghijauan melalui penanaman pohon sebanyak 1.650 pohon.

Sementara itu untuk sasaran tambahan (non fisik) kegiatannya berupa penghijauan, pengadaan sarana olahraga, kegiatan agama, pelayanan KTP gratis, penyuluhan perikanan, penyuluhan tentang posyandu, penyuluhan tentang kesehatan, pemberian buku, dan penyuluhan tentang keuangan bagi pelaku UMKM.

Kehadiran warga masyarakat yang ingin menyaksikan pembukaan TMMD tersebut diapresiasi oleh Bupati Indramayu. Dalam kesempatan itu Bupati Hj. Anna berharap agar masyarakat turut serta dalam kegiatan TMMD dengan memberikan sumbangsih tenaganya sertamembantu semua kegiatan yang telah ditetapkan.

“Saya lihat warga di sini cukup antusias ingin desanya dibangun, untuk itu semua warga diharapkan bisa membantu anggota TNI yang tengah bekerja dalam kegiatan TMMD ini, bantuan bisa dalam bentuk apapun baik tenaga maupun materi. Jika warga dan TNI bisa saling bantu tentu saja ini bisa mewujudkan kerjasama yang baik,” kata Bupati Hj. Anna.

Seusai pembukaan selanjutnya dilakukan penanaman pohon secara simbolis dan peninjauan ke beberapa lokasi kegiatan. Pada kesempatan itu juga diberikan bantuan 400 paket sembako bagi para orang tua sepuh dan kerudung bagi para wanita di desa tersebut. (rat/A-147)***

No comments

Powered by Blogger.