Header Ads

postimage

Indramayu Kirim TKI Terbanyak, Perlu Dukungan Pemerintah


Indramayu - Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Indramayu mengharapkan dukungan lebih optimal dari pemerintah pusat maupun Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat untuk menangani pengiriman tenaga kerja Indonesia (TKI) ke luar negeri. Tahun 2012 jumlah TKI dari Indramayu merupakan yang terbesar di Indonesia.

Harapan itu disuarakan Kepala Dinsosnakertrans Kabupaten Indramayu Wawang Irawan, didampingi Kasi Informasi Pasar Kerja dan Penempatan Tenaga Kerja Ali Alamudin, ketika dikonfirmasi, Rabu (1/5), di kantornya.

Ia menyebutkan, dukungan bantuan yang dianggapnya sangat penting atau sangat dibutuhkan saat ini adalah mobil keliling untuk pelayanan terhadap pencari kerja.

Selain itu, bantuan sarana dan prasarana untuk tenaga administrasi berupa perangkat komputerisasi untuk melengkapi peralatan lokal latihan kerja (LLK). Lebih dari itu, diharapkan adanya pembangunan Balai Latihan Kerja (BLK) di lingkungan Dinsosnakertrans Indramayu.

"Mudah-mudahan baik pemerintah pusat maupun Pemprov Jabar bisa segera mengakomodasi bantuan yang dibutuhkan oleh Dinsosnakertrans Indramayu," kata Wawang.

Ia menyebutkan, berdasarkan informasi dari pendataan BNP2TKI terhadap jumlah keseluruhan TKI, ternyata yang berasal dari Kabupaten Indramayu merupakan jumlah terbesar di Indonesia tahun 2012.

Dari yang direkap Dinsosnakertrans Indramayu sendiri, untuk tahun 2012 jumlah TKI asal Indramayu mencapai 18.674 orang. Dari jumlah itu yang terbesar adalah negara tujuan Taiwan sebanyak 8.798 orang, disusul Qatar 3.018 orang, Uni Emirat Arab (UAE) 2.786 orang, Singapura 1.226 orang, Hong Kong 1.078 orang, Oman 867 orang, Bahrain 470 orang, Malaysia 240 orang, Arab Saudi 6 orang, dan yang terakhir ke Brunei Darussalam 5 orang. (sumber)

No comments

Powered by Blogger.