Header Ads

postimage

Muspika dan Panwaslucam Ciptakan Pemilu Damai

Indramayu - Untuk menyukseskan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Barat (Jabar) tahun 2013 khususnya di Kec. Jatibarang Kab.Indramayu, muspika setempat bekerja sama dengan panitia pemilihan kecamatan (PPK) panitia pengawas pemilu kecamatan (Panwaslucam), tim sukses pasangan calon gubernur, tokoh ulama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda se-Kecamatan Jatibarang, melakukan penandatangan momarandum of understanding (MoU) ikrar pemilu damai yang dipusatkan di aula Kantor Kec.Jatibarang Kab.Indramayu.

Ketua Panwaslucam Jatibarang, Kodrat Alam, S.H. berharap penandatangan MoU dan ikrar pemilu damai dengan melibatkan stakeholders di Kec.Jatibarang akan terbangun kebersamaan sehingga Pilgub Jabar yang akan digelar pada hari Minggu 24 Februari 2013 berjalan sukses tanpa ekses.

Menurut Kodrat, tahapan kampenye terbuka yang di mulai tanggal 7-20 Februari 2013 nanti, disusul masa tenang 21-23 Februari 2013 dan tahapan pemungutan suara 24 Februari 2013. Kemudian penghitungan suara tanggal 25 Februari - 2 Maret 2013 hanya tinggal menghitung hari, tahapan-tahapan dimaksud bukan merupakan tugas yang ringan. Oleh karennya itu, pihaknya berharap agar semua pihak dapat bersinergi untuk menyukseskan Pilgub Jabar tersebut.

“Dengan kebersamaan, tahapan Pilgug Jabar akan berjalan sesuai dengan prosedur dan kondusifits wilayah tetap terjaga, diharapkan agar semua pihak jangan mudah terprovokasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab,” tegasnya.

Sementara itu Camat Jatibarang, Jajang Sudrajat mengaku, tanpa dukungan dari semua pihak maka penyelenggaraan Pilgub Jabar akan terasa berat. Oleh karenanya, agar pesta demokrassi itu berjalan sukses tanpa ekses pihaknya mengajak stakeholders meliputi tim sukses, pimpinan parpol, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, relawan masing-masing pasangan calon agar bergandengan tangan dan berikrar damai serta sepakat proses Pilgub Jabar khususnya di Kec. Jatibarang berjalan tertib, lancar, aman dan damai.

“Semua stakholders yang berkaitan dengan penyelenggara pemilukada Jabar, diharapkan dapat melakukan sosialisasi secara baik dan benar. Hal itu, dimaksudkan agar tingkat partisipasi masyarakat Kec.Jatibarang mampu mencapai minimal 85 persen,”imbaunya. Dikatakannya, melihat putaran Pemilihan Bupati (Pilbup) tahun 2010 silam, tingkat partisipasi masyarakat Kec.Jatibarang hanya mencapai sekitar 30 persen. Maka pada pilgub Jabar 2013 ini diharapkan tingkat partisipasi masyarakat di Kec.Jatibarang minimal mampu mencapai 85 persen.

“Ini merupakan suatu pekerjaan rumah para penyelenggara pemilukada agar dapat mengoptimalkan kinerjanya dalam meraih partisipasi masyarakat, dan yang perlu diingat Kec.Jatibarang memiliki hak suara pilih sebanyak 60.208 hak pilih. Jumlah tersebut, diupayakan dapat menggunakan hak pilihnya pada tanggal 24 Februari 2013 nanti,” ungkapnya.

Hadir dalam kegiatan itu, jajaran petugas pengawas lapangan (PPL) Kec.Jatibarang, Kapolsek Jatibarang, Kompol Sadjiman, Danramil Jatibarang, Kapten (Inf) Utju, para Kepala Desa se- Kec.Jatibarang.

Ditempat terpisah, di aula Kampus Unwir Kab.Indramayu, Kamis (31/1/2013), panwaslukab Kab.Indramayu bekerjasama dengan pihak Pemda Indramayu, KPUD, jajaran Muspida, tim sukses dari lima pasang calon serta unsur masyarakat para tokoh ulama juga melakukan ikrar penandatangan MoU pilkada damai. (rat/A-147)

No comments

Powered by Blogger.