Header Ads

postimage

Harga Semangka Anjloknya, Petani Indramayu Menjerit

Indramayu - Ratusan petani  di Indramayu mengeluhkan anjloknya harga jual semangka yang cukup tajam pada saat memasuki panen raya semangka tahun ini.

Kasman, 46 petani semangka di Kecamatan Bangodua mengemukakan, dalam satu hektar jumlah hasil panen semangka mencapai 20 ton hingga 25 ton. Jumlah hasil panen sebanyak itu cukup lumayan alias diatas rata-rata.

Produksi semangka yang dihaislkan para petani di Indramayu mencapai ribuan ton. Semangka tidak di tanam ptani di semua kecamatan. Namun jumlah petani yang menanam semangka reatif banyak mencapai ratusan orang. Setiap petani menanam semangka seluas 2 Hektar dengan hasil sekitar 40 ton.

Hanya kata dia, ada yang patut disayangkan saat panen buah semangka itu harga jual semangka ke para rengkulak mendadak anjlok dari Rp2 ribu per Kg menjadi Rp1.200 per Kg. Padahal, sebelum panen raya harga semangka itu mencapai Rp2 ribu per Kg.

Di Pasar Daerah Indramayu, semangka dijual pedagang seharga Rp3 ribu per Kg. Di Indramayu ada 3 jenis semangka yang ditanam petani yaitu semangka merah, semangka kuning dan semangka lonjong atau lebih popular disebut semangka inul.

Ketiga jenis semangka itu harganya di tingkat petani nyaris sama yaitu Rp1.200 per Kg. Sementara tengkulak menjualnya ke pedagang seharga Rp2.000 per Kg dan pedagang menjual eceran ke pembeli Rp3 ribu per Kg.

Pemantauan Pos Kota, wilayah Kecamatan yang paling banyak dijumpai tanaman semangka yakni Kecamatan Bangodua, Juntinyuat, Tukdana, Terisi, Gabuswetan, Bongas. Tanaman semangka merupakan salah satu jenis tanaman palawija yang ditanam setiap musim kemarau sehabis panen padi. (Pos Kota)

No comments

Powered by Blogger.