Delapan Kecamatan di Indramayu Terancam Kekeringan



Indramayu - Delapan kecamatan di Kab. Indramayu dikhawatirkan mengalami kekeringan memasuki musim kemarau ini. Delapan kecamatan itu adalah, Karangampel, Kedokanbunder, Juntinyuat, Cantigi, Losarang, Kandanghaur, Cikedung, dan Terisi.

“Meskipun belum dipastikan akan terancam kekeringan, tetapi kedelapan kecamatan itu merupakan pelanggan kekeringan air setiap musim kemarau,” kata Kepala Dispertanak Kab. Indramayu, H. Sugeng A. Achja, di ruang kerjanya, Senin (2/7).

Menurut Sugeng, dari luas lahan tanam sekitar 100.000 hektare dan luas lahan rendeng sekitar 123.000 hektare yang dimiliki Kab. Indramayu, dua kecamatan yang akan terkena ancaman kekeringan air cukup luas. Dua kecamatan itu, masing-masing adalah Kec. Kandanghaur seluas 1.025 Ha dan Kec.Terisi seluas 942 Ha. “Menghadapi hal itu, pihak Dispertanak Indramayu telah melakukan berbagai upaya. Salah satunya melakukan pompanisasi terhadap kedelapan kecamatan tersebut,” papar Sugeng.

Kendati, permasalahan keterbatasan air di lapangan merupakan tugas para penyuluh pertanian tetapi pihak Dispertanak terus melakukan berbagai upaya untuk menyelamatkan area persawahan agar terhindar dari kekeingan yang drastis. “Selain upaya pompanisasi, kami juga telah mengirimkan surat kepada Kementerian Pertanian dan Peternakan pusat,”ungkap Sugeng usai melepas 40 mahasiswa fakultas pertanian Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung yang ingin melakukan kuliah kerja nyata di Kab.Indramayu. (sumber)
Powered by Blogger.