Header Ads

postimage

Pemkab Indramayu Luncurkan Program Lumbung Zakat Desa



Indramayu - Pemerintah Kabupaten Indramayu meluncurkan program lumbung zakat desa atau baitul maal desa (BMD). Program ini dilakukan untuk mengentaskan kemiskinan di Kabupaten Indramayu.

Bupati Indramayu Anna Sophanah menjelaskan, lumbung zakat desa adalah sebuah program untuk tingkat desa yang menjalankan fungsi pemberdayaan pada skala lokal yaitu dengan menggali potensipotensi zakat yang ada di masyarakat desa. “Potensi zakat yang ada di desa sangatlah besar apabila terus digali.Mengingat kondisi masyarakat Indramayu sebagian besar adalah petani, ada juga pedagang namun zakatnya belum diberdayakan secara optimal,”ungkapnya.

Melalui BMD, diharapkan semakin memudahkan masyarakat dalam menyalurkan zakat, infak,dan sedekah melalui lembaga amil. Sebaliknya, para mustahik atau penerima zakat juga akan menjadi lebih mudah dalam mendapatkan pelayanan dari lembaga yang akan dikelola oleh masyarakat desa tersebut.“Manfaatnya akan sangat besar sekali. Setelah evaluasi sekaligus koordinasi dengan badan zakat daerah, program ini akan segera disosialisasikan,” ungkap Bupati Anna.

Sejauh ini, potensi zakat yang baru bisa dioptimalkan hanya berasal dari zakat fitrah serta zakat profesi yang digalang dari sisipan gaji para pegawai negeri sipil (PNS). Meski jumlah PNS di Indramayu tidak banyak,namun dana yang terkumpul setiap tahunnya tergolong besar dan mampu memberikan sumbangsih yang berarti bagi upaya pengentasan kemiskinan. Sementara itu, Camat Gabus Wetan Asep Kusdianti menyatakan, pihaknya beserta jajaran pemerintahan desa serta instansi dan lembaga tingkat kecamatan, selalu siap untuk menyukseskan setiap program Pemkab Indramayu.

Bahkan, dalam acara penyerahan bantuan rehab rumah bagi keluarga miskin, sembako serta modal usaha kecil dari badan zakat daerah beberapa waktu lalu. Sejumlah pihak yang peduli terhadap warga miskin turut menyumbang berbagai kebutuhan di antaranya bantuan perlengkapan sekolah bagi siswa dari keluarga tidak mampu yang diberikan UPTD Pendidikan serta tambahan rehab rumah dari BAZ Kecamatan Gabus Wetan.

“Program zakat yang telah digulirkan sangat membantu masyarakat. Langkah untuk membuat program lumbung zakat diyakini akan lebih menyentuh kebutuhan masyarakat miskin,”katanya. (sumber)

No comments

Powered by Blogger.