Header Ads

postimage

SMPN 1Lelea Indramayu Juarai Hiking Rally Kemendikbud



Indramayu - Sedikitnya 300 regu dari berbagai gugus depan (Gudep) di wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah mengikuti Hiking Rally Ciradyka XXVIII, Minggu (26/2/12). Keluar sebagai juara umum dalam kegiatan yang memperebutkan piala bergilir Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tersebut, SMPN 1 Lelea, Indramayu.

Kepala SMAN 1 Ciamis selaku pelaksana kegiatan Wawan Haryawan mengatakan animo siswa dalam mengikuti kegiatan ini sangat besar. Hal itu tampak dari jumlah peserta yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Selain itu, lingkup kegiatan pun telah melibatkan dua provinsi yakni Jawa Barat dan Jawa Tengah.

“Pada tahun ini sedikitnya ada 300 regu yang masing-masing terdiri dari lima orang yang ikut serta. Peserta diantaranya selain dari wilayah Ciamis juga berasal dari Bekasi, Depok, Bandung, Banjar, Banyumas, Boyolali, dan Indramayu,” katanya yang ditemui seusai kegiatan.

Wawan menjelaskan dalam kegiatan ini para peserta akan berjalan kaki menyusuri ruas jalanan di Ciamis. Panjang lintasan mencapai 18 kilometer. Peserta, lanjutnya akan melewati empat pos utama dan empat pos bayangan. Di masing-masing pos, mereka akan diberikan ujian dan pertanyaan terkait kemampuan umum dan kepramukaan. Ujian tersebut akan menjadi salah satu dasar penilaian di dalam perlombaan tersebut.

Ujian yang diberikan diantaranya mengenai kemampuan Pertolongan Pertama Pada Korban Kecelakaan (P3K) dan kesehatan, pengetahuan mengenai tumbuhan di lingkungan sekitar, keterampilan baris berbaris (PBB), keterampilan tali temali, halang rintang, dan berbagai jenis ujian lainnya.

“Tidak hanya mempraktekkan, peserta juga harus memiliki pengetahuan secara teori. Mereka juga diberikan soal mengenai pengetahuan umum dan kepramukaan. Selain itu, kekompakan serta kreatifitas mereka pun menjadi salah satu poin penilaian,” katanya. (sumber)

No comments

Powered by Blogger.