Header Ads

postimage

Bupati Anna Sophanah Pimpin Peringatan Hari Ibu



Indramayu - Untuk mengharagai daya juang dan bakti dari kaum ibu serta untuk memupuk sikap kesetiakawanan nasional Pemkab Indramayu Rabu (22/12) memperingatinya dalam peringatan Hari Ibu ke 82 dan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) dalam suatu upacara bendera bertempat di alun-alun yang diikuti oleh PNS, TNI, Polri, mahasiswa, dan pelajar.

Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah bertindak selaku pembina upacara dalam amanatnya mengatakan, upaya pembentukan karakter bangsa melalui pendidikan perlu dimulai sejak dini dari dalam keluarga, diteruskan ke sekolah dan lingkungan masyarakat. Penghargaan dan toleransi terhadap kemajemukan suku, umat beragama, RAS dan antar golongan, juga perlu dikedepankan dan terus diperkuat. Di samping itu, upaya-upaya penghapusan kekerasan dan diskriminasi terhadap perempuan sebagai bagian dari upaya mewujudkan peradaban bangsa, juga harus menjadi agenda utama penegakan hak asasi perempuan.

Namun demikian tidak dapat dipungkiri, masih banyak tantangan yang dihadapi dalam memberdayakan kaum perempuan dan upaya mewujudkan kesetaraan antara perempuan dan laki-laki. Hal ini disebabkan antara lain karena masih kentalnya budaya patriarki, masih adanya
diskriminasi gender dan tindak kekerasan terhadap perempuan yang memperlambat terwujudnya kesetaraan antara perempuan dan laki-laki. Untuk itu, diperlukan suatu sikap kepedulian untuk saling mendukung satu sama lain, yang salah satunya dapat diwujudkan dengan mengembangkan rasa kesetiakawanan sosial dalam masyarakat kita.

Bupati menambahkan, kesetiakawanan sosial dalam kehidupan bangsa Indonesia pada dasarnya telah ada sejak jaman nenek moyang, jauh sebelum berdiri sebagai suatu bangsa. Jiwa dan semangat tersebut merupakan potensi spiritual, sekaligus sebagai perekat persatuan dan kesatuan dari seluruh etnik yang ada. Oleh karena itu, kesetiakawanan sosial merupakan harta yang tidak ternilai dan sangat bermakna bagi bangsa Indonesia.

Peringatan hari kesetiakawanan sosial nasional yang dilaksanakan setiap tanggal 20 Desember, menjadi momentum untuk memperkuat, menumbuhkembangkan, merevitalisasi dan mendayagunakan nilai-nilai kesetiakawanan sosial tersebut dalam rangka mengatasi berbagai masalah sosial, sekaligus mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

"Dengan dilandasi semangat dan nilai-nilai kesetiakawanan sosial dari seluruh elemen masyarakat, akan mampu mengatasi berbagai masalah sosial yang ada. Untuk itu, melalui momentum peringatan hari Ibu ke-82 dan HKSN saat ini, mari kita perteguh komitmen dan tegaskan tekad untuk memajukan kesetaraan gender dengan mengembangkan rasa kesetiakawanan sosial untuk mewujudkan masyarakat Indramayu yang religius, maju, mandiri, dan sejahtera." Pinta bupati. (Deni)

No comments

Powered by Blogger.