Header Ads

postimage

Kondisi Stroke, Mimi Rasinah Menari



Indramayu - Mengharukan dan luar biasa. Dalam kondisi stroke, Maestro Tari Topeng Mimi Rasinah (80) tak kehilangan semangat untuk memberikan yang terbaik dan langka kepada penonton yang memadati halaman Bentara Budaya Jakarta, Rabu (4/8) malam.

Ampun ya Gusti...Kalau saya tak mampu lagi, biarkan anak-cucu yang mewarisi.... Demikian kurang lebih arti sebait syair yang dilantunkan Waci untuk Tarian Panji Rogo Sukma, yang menampilkan Mimi Rasinah, Aerli Rasinah, cucunya, dan sejumlah cicitnya.

Dengan satu tangan kanan yang masih tangkas bergerak, Mimi Rasinah--yang merupakan pewaris ke sembilan dalang Topeng Indramayu--dengan jari-jemari keriputnya, lentik dan indah saat membawakan tari tersebut, sambil duduk. Sementara cucunya, Aerli, berdiri di belakang memainkan gerak topeng panji yang dibawakan sang Maestro.

Walau tarian tersebut sudah diwariskan, di mana topeng Panji kini dimainkan Earli, masih ada gerakan Mimi Rasinah yang belum dikuasai Earli.

Saya akan terus menggali, karena Maestro Mimi Rasinah membawakannya dengan gerakan dari hati terdalam yang luar biasa, katanya, seusai pertunjukan.

Seusai menari, mata Mimi Rasinah tampak berkaca-kaca, dan memberi hormat tatkala penonton mengapresiasinya dengan tepuk tangan.

Tari Panji Rogo Sukma, merupakan tari yang sudah dimodifikasi, memainkan semua unsur topeng, sebagai simbol pewarisan dari Sang Maestro, kepada pewaris selanjutnya, sebagai bagian dari regenerasi.

Selain Tari Panji Rogo Sukma, sebelumnya keluarga Mimi Rasinah menampilkan Tari Topeng Kelana Gandrung dan Tari Topeng Tumenggung.

Tarian topeng merupakan salah satu kekayaan budaya dari Indramayu, yang ditampilkan khusus dalam pameran bertajuk Indramayu dari Dekat, yang dibuka penyanyi Iis Dahlia.

Iis Dahlia mengatakan, banyak potensi Indramayu yang perlu digali dan ditampilkan. Indramayu daerah kecil di pesisir pantai utara Jawa, namun memiliki kekhayaan khasanah budaya yang hebat, katanya.

Pameran yang berlangsung hingga 8 Agustus itu, juga menampilkan tradisi batik Indranmayu. Ada lembar-lembar kain batik tua maupun baru yang bisa mewakili ragam khas Indramayu.

Jumat (6/8) pukul 19.30 WIB, ada Pentas Wayang Golek Cepak oleh Ki Ahmadi. Sabtu (7/8) ada workshop tari topeng dan pentas tari topeng, kata Direktur Eksekutif BBJ, Efix Mulyadi. (sumber)

No comments

Powered by Blogger.