Header Ads

postimage

Pemda Indramayu Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW



Indramayu - Untuk kembali mengingat dan memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW yang merupakan pembawa jalan kebenaran bagi para kaum muslimin dan muslimat di seluruh dunia. Maka Pemerintah Kabupaten Indramayu Senin malam (1/3) di Pendopo Indramayu digelar kegiatan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1431 Hijriyah.

Menurut Kepala Bagian Agama dan Kesra Setda Indramayu Drs. H. Mujahid, Mpd. Mengatakan, kegiatan peringatan maulid Nabi Muhammad SAW merupakan kebiasaan dan tradisi bagi umat muslim di seluruh penjuru dunia termasuk bagi kaum muslim di Kabupaten Indramayu. peringatan yang dilakukan kali ini dilakukan dengan situasi yang sederhana, meskipun demikian tidak mengurangi esensi dan makna yang terkandung didalamnya.

Sementara itu Bupati Indramayu DR. H. Irianto MS. Syafiuddin dalam sambutannya mengungkapkan, peringatan maulid nabi ini bukanlah hanya sekedar upacara peringatan semata atas lahirnya nabi, namun diharapkan dijadikan momentum sebagai tonggak pemancangan niat untuk berusaha menteladani sikap dan perilaku Nabi Muhammad SAW.

“Mari kita gali kembali sejarah kehidupan beliau dan mengambil suri tauladan darinya, mempelajari dan mengamalkan segala apa yang diperintahnya serta mencontoh perilaku beliau dalam kehidupan sehari-hari untuk kemaslahatan umat,” katanya.

Semantara itu KH. Muhammad Kholillillah, SE yang juga ketua Paguyuban Muslim Tionghua Jawa Barat dalam ceramahnya menyampaikan, umat muslim harus cinta kepada rosullah dengan cara menteledani dan meniru segala tindakannya. Kemudian didalam kehidupan Nabi Muhammad SAW telah memberikan bekal teladan yang diperlukan, yang dapat dijadikan kemantapan pelaksanaan agenda perubahan-perubahan tatanan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

KH.Kholillilah menambahkan, sejak 15 abad yang lalu, Nabi Muhammad SAW telah mereformasi etika kehormatan bangsa Arab dari perilaku masyarakat jahiliyah kepada masyarakat yang berperadabaan. Untuk itu, ia berharap agar momentum peringatan maulid Nabi Muhammad SAW ini dijadikan sebagai proses pembelajaran, instropkesi diri dan bercermin atas keberhasilan serta kegagalan yang dialami.

Dalam peringatan maulid Nabi Muhammad SAW tersebut selain dihadiri Bupati Indramayu juga dihadiri Kapolres AKBP. Nasri Wiharto, Dandim 0616 Letkol. ARH. Hindro Martono, Ketua DPRD Drs. Abdul Rozak Muslim, Ketua Pengadilan Negeri Ramli Darasah, dan Sekretaris Daerah Drs. Supendi juga dihadiri oleh para kepala OPD, Camat, dan para kepala sekolah di wilayah Kabupaten Indramayu. (dens/humasindramayu)

No comments

Powered by Blogger.