Header Ads

postimage

Motif Batik Indramayu Dijiplak Pengrajin Daerah Lain



Indramayu - Pembajakan motif batik khas Indramayu, Jawa Barat, terus berlangsung hingga saat ini. Para perajin batik di Desa Paoman mengaku, pembajakan motif ini terus dilakukan oleh perajin batik di Cirebon, Jawa Barat. Tidak kurang 143 motif batik Indramayu dibajak oleh perajin dari daerah lain.

Padahal, pada 2006 Pemerintah Kabupaten Indramayu melalui Dewan Kerajinan Nasional Daerah sudah mempatenkan dan mendapat nomor registrasi hak cipta dari Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Warji, perajin batik khas Indramayu mengatakan, motif batik khas Indramayu sudah banyak dibuat dan dibajak di daerah lain. Kondisi ini sangat memprihatinkan bagi perajin di Indramayu.

Menurut Warji, pembajakan motif ini berdampak pada perang harga di pasaran, sehingga batik asli buatan Indramayu tidak laku dijual karena harganya lebih tinggi dibandingkan batik dengan motif serupa yang dibuat oleh perajin dari luar Indramayu.

Sejumlah motif yang dibajak perajin daerah lain, antara lain, motif kapal kandas, motif iwak etong dan sejumlah motif batik lainnya. Para perajin batik di Indramayu berharap pemerintah dapat memberikan perlindungan hukum terkait maraknya aksi pembajakan motif batik yang sudah dilindungi paten itu. (Dedy Musashi/DOR)

No comments

Powered by Blogger.