Header Ads

postimage

Indramayu Diguyur Hujan Deras



Indramayu - Kabupaten Indramayu di Jawa Barat untuk pertama kalinya diguyur hujan deras disertai angin kencang sejak musim kemarau panjang. Hujan deras sejak Senin( 12/10) sore hingga malam hari membasahi pepohonan yang sudah lama kering dan juga menyapu debu yang menempel pada bangunan.

Warga Indramayu menyambut dengan suka gembira hujan deras pertama dan terpaksa berteduh karena jarak pandang terbatas, selain lebat hujan tersebut disertai angin kencang sehingga timbul rasa takut.

Sementara, petani yang ada di kota Indramayu berharap kedatangan hujan tersebut,mungkin mereka akan bersiap menghadapi musim tanam,karena selam musim kemarau lahan sawahnya ditinggalkan. "Hujan di Indramayu membawa berkah bagi petani, namun hujan tersebut sering menimbulkan banjir karena wilayah kota mangga merupakan dataran rendah,"ujar Rosa.

Sementara itu mantan anggota dewan yang sedang berteduh di jalan Sudirman R Yani mengaku,kaget datangnya hujan yang pertama di Indramayu langsung deras. Kedatangan hujan tersebut dinantikan semua warga namun bersiap untuk menghadapi banjir tahunan yang sering terjadi.

Menurut dia, hujan membawa berkah namun disisi lain memjadi titik awal bencana banjir,di kota Indramayu banjir tersebut tidak dapat dihindari karena terjadi secara alamiah tempat air hujan yang datang dari dataran tinggi berakhir di kota mangga. "Warga Indramayu sudah terbiasa kekeringan dan kebanjiran. Mereka mengangap hal tersebut merupakan kejadian alam yang perlu disyukuri karena semuanya membawa berkah,"katanya.

"Banjir merupakan masalah rutin yang terjadi di Indramayu,selain saluran sungai dangkal sebagian masyarakat masih kurang menyadari, mereka membiarkan sampah-sampah yang berada disaluran air,sehingga hujan datang saluran tersebut tidak berfungsi,"katanya.

Semua daerah yang ada di kabupaten Indramayu rawan banjir,ratusan hektar setiap tahunnya terendam,aktivitas warga terhambat,semua berharap banjir tersebut dapat diatasi oleh pemerintah.

No comments

Powered by Blogger.