Header Ads

postimage

Harga Sayur Di Pasar Jatibarang Masih Stabil

Indramayu - Harga sayuran di pasar tradisional Jatibarang Indramayu, Jawa barat masih stabil belum ada kenaikan yang tinggi, memasuki hari ke-17 Ramadhan 1430 Hijriah.

"Harga bawang daun Rp4.000/kilogram, kol gepeng Rp1.200/kg melinjo Rp4.000 hingga Rp5.000/kg, cabe merah Rp8.000/kg, kentang super Rp5.500/kg, kentang biasa Rp5.000/kg," kata seorang pedagang sayuran di pasar Jatibarang H Dodi kepada wartawan di Indramayu, Sabtu.

"Kenaikan harga sayuran di pasar Jatibarang semenjak bulan puasa tidak terjadi, mungkin harga naik bila sudah mendekati lebaran sekitar H-7, kalau saat ini masih terjangkau dan stabil," katanya.

Ia mengatakan, kenaikan harga sayuran biasanya terjadi kekurangan pasokan dari petani, tapi saat ini pasokan sayuran berjalan lancar karena hasil panen petani cukup melimpah. Kalau musim penghujan tiba sayuran mulai sulit pasokannya, sedangkan di musim kemarau tidak ada kendala.

Harga cabai merah besar saat ini Rp8.000/kg kalau musim hujan biasanya harga cabe tinggi bisa mencapai Rp16.000 hingga Rp17.000/kilogram, karena pasokan dari petani sulit.

"Sementara itu harga sayuran lain seperti wortel kecil turun Rp500/kg yaitu dari Rp4.000/kg menjadi Rp3.500/kg, wortel besar dari Rp4.000/kg menjadi Rp3.500 per kg. Sedangkan harga tomat mencapai Rp2.500/kg," katanya.

Menurut dia, harga sayuran sering terjadi naik turun, walaupun di hari biasa apalagi seminggu menjelang hari lebaran pasti naik, harga kembali normal seminggu setelah lebaran.

Harga sayuran yang tidak mengalami kenaikan kol masih tetap bertahan yaitu Rp1.200/kilogram , buncis bertahan Rp3.000/kg, sawi putih naik menjadi Rp2.000/kg,perubahan harga akan terjadi seminggu lagi.

Persediaan sayuran hingga menjelang hari lebaran akan terpenuhi,karena pasokan dari petani lancar, jadi masyarakat tidak perlu khawatir mengenai persediaan sayuran tersebut.

Sementara itu, pedagang lain di pasar induk Jatibarang Tarmijan mengatakan, harga sayuran memang bisa naik turun tergantung pasokan dari petani. Kalau menjelang lebaran harga naik karena permintaan pasar meningkat di samping kendala pengirimannya.

No comments

Powered by Blogger.