Ngabuburit Di Bataran Kali Cimanuk

Indramayu - Kawasan bantaran sungai Cimanuk setiap menjelang sore ramai pengunjung dijadikan sarana "nagbuburit" bagi warga Indramayu, Jabar.

Warga berdatangan sekitar pukul 16.00 WIB ke kawasan bantaran sungai tersebut. Selain tempat untuk duduk santai tersedia juga kedai makanan sederhana.

"Bermain di bantaran sungai terasa indah apalagi sungai Cimanuk di Indramayu cukup terawat dan bersih sehingga betah," kata seorang pemuda warga Indramayu Yanto bersama teman-tetamnya di pinggir sungai Cimanuk, Jumat.

Dikatakannya, untuk sekedar berbuka tidak repot karena disini ada warung yang menyediakan untuk berbuka puasa.

Ia bersama tiga rekannya mengaku lebih suka menghabiskan waktu bersantai dibantaran sungai Cimanuk sambil menikmati suasana sore yang ramai, melihat lalu lalang orang berkendaraan.

"Ditempat ini terasa teduh lihat genangan air, udaranya juga masih segar karena sekeliling bantaran sungai terdapat pohon rindang,"katanya.

Sementera itu di temapat yang sama sekelompok remaja mesjid sedang asyik duduk-duduk samabil membaca buku,mereka terlihat ceria menunggu buka puasa.

"Menunggu datangnya berbuka puasa disini tidak terasa tahu-tahu terdengar suara adzan magrib,setiap tahun ramai orang yang "ngabuburit",tempatnya nyaman dan aman dari pusat kota dekat,"kata Riyan pengurus remaja mesjid dikota Indramayu.

Selain duduk dan membaca, tempat tersebut juga bagus untuk memancing karena masih terdapat ikan sungai seperti,lele,mujair,ikan mas,kalau waktu masih siang kita bisa melihat orang yang sedang mengambil kerang dari sungai.

Sementara itu pedagang yang ada di bantaran sungai Cimanuk sibuk menyajiakn dagangannya karena waktu berbuka puasa sudah dekat,kesempatan tersebut dimanfaatkan sekali oleh mereka hanya satu tahun sekali.

"Saya berjualan es kelapa muda,lumayan kalau yang 'ngabuburit' ramai jualannya laris. Tiap tahun di tempat ini terus ramai,"kata Asep pedagang es dari desa paoman tidak jauh dari tempat tersebut.
Powered by Blogger.