Persaingan Ketat, PKB Raih 5 Kursi

INDRAMAYU – Meski penghitungan suara hasil Pemilu Legislatif (Pileg) 2009 belum rampung, namun DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Indramayu optimis bisa meraih 5 kursi. Jumlah tersebut berarti PKB mengalami penurunan sebanyak 3 kursi dibandingkan Pemilu 2004 lalu.
Ketua DPC PKB Kabupaten Indramayu Drs H Ilik Sudana didampingi caleg dapil Dapil IV Drs H Juendi MSi menjelaskan, target PKB sebenarnya adalah 8 kursi sesuai dengan jumlah kursi periode sebelumnya. Penurunan jumlah kursi dipengaruhi berbagai faktor, baik internal maupun eksternal.
Faktor internal, menurut Ilik, adanya berbagai persoalan yang terus terjadi di tubuh PKB sehingga bisa berpengaruh besar kepada perolehan suara pemilu. Sedangkan faktor eksternal juga sangat mempengaruhi perolehan suara, yakni banyaknya parpol yang ikut dalam pemilu.
”Kami memang awalnya menargetkan 8 kursi di dewan, namun mau apalagi sebab realita di lapangan memang demikian adanya,” tutur Ilik Sudana, Kamis (16/4) di ruang kerjanya.
Meski mengalami penurunan, Ilik tetap bersyukur PKB masih diberikan kepercayaan oleh masyarakat. Perolehan lima kursi, kata dia, terdapat di Dapil 2, 3, 4, 5, dan 6. Sementara di dapil 1 tidak mendapat jatah kursi karena persaingannya sangat berat.
Sementara itu caleg PKB Dapil IV Drs Juendi MSi mengungkapkan, dari perhitungan suara sementara di tingkat PPK, PKB meraih lima besar dalam perhitungan suaranya.
Urutannya adalah Partai Golkar (44.830) PDIP (13.146), PKB (6.561), PKS (5.928), dan Demokrat (5.928) suara.
”Alhamdulilah saya bisa lolos dan kembali dipercaya masyarakat duduk di dewan,” tutur Juendi seraya meminta kepada para caleg PKB yang tidak lolos agar tetap harus bersabar. (dun)
Powered by Blogger.