Muara Sungai Plawira Alami Pendangkalan

INDRAMAYU,Puluhan nelayan Desa Singaraja Kec. Indramayu resah menyusul dangkalnya muara sungai Plawira Kepolo di desa setempat. Hampir setiap harinya para nelayan selalu mendapat kendala saat melalui sungai tersebut.
“Kalau tidak segera dilakukan pengerukan, saya yakin Sungai Plawira Kepolo ini akan rata dengan bantaran sungai. Setiap perahu yang masuk atau berangkat harus menunggu datangnya air pasang ataupun air kiriman. Kalau tidak, ya tidak bisa masuk,” ucap Ramin, nelayan setempat, Rabu (15/4).
Dikatakannya, kondisi pendangkalan ini dirasakan para nelayan sejak dua bulan terakhir. Untungnya, saat itu masih banyak hujan yang menimbulkan banyak air kiriman sehingga perahu masih bisa melintas. Akan sangat terasa dangkal kalau air kiriman maupun pasang laut jarang datang.
“Walaupun dangkal, nelayan setempat masih terbantu. Sebab, saat ini masih terjadi hujan sehingga sungai penuh dengan air kiriman. Sekarang air kiriman dan air pasang jarang, akibatnya sungai menjadi dangkal dan nelayan susah untuk masuk dan keluar,” tegasnya.
Dalam kesempatan itu, nelayan setempat meminta pada pihak pemerintah daerah untuk segera melakukan pengerukan untuk menghindari pendangkalan yang lebih parah. “Kami minta kepada pemerintah daerah agar segera membantu melakukan pengerukan di muara tersebut,” pinta puluhan nelayan lainnya.(C-27)

Powered by Blogger.