TKW Asal Indramayu Jadi Linglung

INDRAMAYU,- Perlakuan tidak manusiawi kembali dialami tenaga kerja wanita (TKW) asal Indramayu yang bekerja di Arab Saudi. Ratminih, TKW asal BloK Samak Rombeng Desa Margamulya, Kecamatan Bongas kini menderita lumpuh dan linglung. Kondisi itu diderita diduga akibat disiksa majikannya.

Ratminih kini tidak bisa tidur terlentang lantaran bagian belakang tubuhnya masih terdapat luka dan bekas jahitan. Bentuk dan ukuran kedua kakinya juga berbeda. Kaki kanan lebih kecil, akibat trauma luka dan juga dipenuhi bekas jahitan. "Sejak datang dari Arab Saudi, anak saya sulit diajak komunikasi. Satu-satunya cerita yang disampaikan yakni hanya soal penyiksaan dari majikannya," kata ibu kandung Ratminih, Sarminih, Kamis (12/3).

Selain cacat, Ratminih pulang tanpa membawa sepeser pun uang karena selama bekerja di luar negeri enam bulan tidak digaji majikannya. "Ratminih pernah menceritakan kalau setiap hasil pekerjaannya sebagai pembantu kurang memuaskan, langsung disiksa dan dianiaya," ujar Sarminih.
.
Pengawas TKI pada Dinas Sosial,Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Indramayu, Hendra Pondaga, mengaku telah mendengar kasus penyiksaan yang dialami Ratminih. Ia juga mengaku sudah melakukan upaya melalui Departemen Luar Negeri dan Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi agar hak-hak Ratminih sebagai TKI bisa dikeluarkan.

"Selama bekerja tidak mendapat gaji sama sekali dan asuransinya belum keluar. Kami sedang mengupayakan lewat departemen dan perusahaan yang memberangkatkan Ratminih ke luar negeri," ungkap Hendra Pondaga. (A-96/A-147)***
Powered by Blogger.