SMP Satu Atap Losarang Bekali Para Pendidik

LOSARANG – Distrik Basic of Education (DBE-3) Jabar-Banten bekerjasama dengan SMP Satu Atap Losarang dan Gugus VI Cemara, menggelar pendidikan dan latihan (Diklat) Pengajaran Profesional dan Pembelajaran Bermakna (PPPB) atau Better Teaching and Learning.

Kegiatan yang bertempat di SMP Satu Atap Losarang dan berlangsung selama dua hari itu, dibuka Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Losarang Drs H Sudarsono MSi, Jumat (20/3).
Dalam kesempatan itu, Ketua Panitia Mohamad Firdaus SPd melaporkan, peserta diklat sebanyak 47 guru mata pelajaran sewilayah Gugus VI Cemara yang meliputi SMP Satu Atap Losarang, SDN Cemara Wetan, SDN Taman Sri Endah dan SDN Kertayasa.
Seluruh peserta akan dibekali materi oleh dua fasilitator DBE-3 Jabar-Banten Wilayah Indramayu yaitu Drs Khariri dan Drs Subandi HS MPd.
“Diklat ini merupakan penjabaran dari Peraturan Pemerintah (PP) nomor 19 tahun 2005 tentang delapan standar pendidikan terutama PP Menteri Pendidikan Nasional nomor 41 tahun 2007 tentang standar proses. Karenanya ini menjadi penting dimiliki oleh setiap guru dalam menerapkan kegiatan belajar mengajar di sekolah yang ditempati,” jelas Firdaus.
Apalagi, kata Firdaus yang juga menjabat Kepala SMP Satu Atap Losarang ini, guru-guru SD dalam Gugus VI Cemara berasal dari latar belakang pendidikan yang mengharuskan kepribadiannya memiliki predikat profesional sebagai guru. Oleh karena itu, diperlukan pembekalan tentang metode-metode pembelajaran.
Selain membekali peserta supaya memiliki kemampuan membuat indikator dan sistem pembelajaran yang mengarah pada tuntunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di lembaga masing-masing, juga agar guru memiliki kemampuan teknik pengembangan profesi pendidik dalam melaksanakan tugas kependidikan.
“Paling pokok adalah membekali guru memiliki kompetensi pedagogik berdasarkan Permendiknas nomor 41 tahun 2007 tadi,” tegasnya. (kho)
Powered by Blogger.